Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

Oman Bantu Renovasi Masjid di Siprus

Kamis 06 Oct 2022 00:01 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko

Masjid tua di Siprus Yunani (ilustrasi)

Masjid tua di Siprus Yunani (ilustrasi)

Foto: Flickr/Uncle-Davros
Oman akan menyumbangkan satu juta euro untuk pekerjaan renovasi di Masjid Kebir.

REPUBLIKA.CO.ID, LIMASSOL -- Oman akan menyumbangkan satu juta euro untuk pekerjaan renovasi di Masjid Kebir, Limassol, Siprus. Dilansir dari laman Cyprus Mail pada Rabu (5/10), Menurut departemen, renovasi akan menelan biaya sekitar 1.088.755 euro, dan akan memakan waktu 15 bulan. Pengerjaan masjid dimulai pada 30 September.

Proyek ini menyangkut pekerjaan pemeliharaan serta konversi ke kompleks masjid yang ada. Selain itu juga pembangunan bangunan tambahan untuk fungsi masjid.

Adapun Masjid dan bangunan sekitarnya, yang telah dinyatakan bersejarah, berada di pusat kota Limassol, antara jalan Genethliou Mitella dan Zik-Zak.

Sebelumnya pekerjaan konservasi di sebuah masjid di Orounda, Nicosia, Siprus telah diselesaikan oleh Komite Teknis Warisan Budaya. Komite tersebut mengumumkan pada Rabu (28/9). Pekerjaan diselesaikan melalui proyek yang didanai oleh Uni Eropa (UE) dan Program Pembangunan PBB (UNDP).

Masjid tersebut dibangun dalam berbagai fase sepanjang abad 19 dan 20. Kompleksnya terdiri dari tiga bangunan, masjid, gedung sekunder, dan gedung sekolah.

Sumber arsip mendokumentasikan bahwa pada 1888 masjid tua Orounda berada dalam kondisi yang begitu rusak, dan membutuhkan perbaikan segera. Bangunan masjid awal dibangun dari puing-puing batu dan dipugar dengan bahan yang sama. Sumber yang sama mendokumentasikan bahwa pada September 1899, penduduk setempat melakukan pekerjaan restorasi untuk masjid.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA