Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

Ilustrator Korea Kim Jung Gi Meninggal Dunia

Kamis 06 Oct 2022 00:45 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani

Ilustrator Korea Kim Jung Gi dikabarkan meninggal  setelah mengalami nyeri dada dan dibawa ke rumah sakit untuk dioperasi

Ilustrator Korea Kim Jung Gi dikabarkan meninggal setelah mengalami nyeri dada dan dibawa ke rumah sakit untuk dioperasi

Foto: Twitter
Ilustrator Korea Kim Jung Gi meninggal setelah mengalami nyeri dada

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL --Ilustrator Korea Kim Jung Gi dikabarkan meninggal Senin (3/10/2022) di Eropa. Dia meninggal setelah mengalami nyeri dada dan dibawa ke rumah sakit untuk dioperasi, tepat saat akan naik pesawat ke New York.

Kabar kepergiannya diumumkan melalui akun Twitter dan Instagram miliknya, @KimJungGiUS. Dalam unggahan tersebut, diinformasikan pula kronologis kondisi pria berusia 47 tahun ini sebelum meninggal dunia.

Kim Jung Gi lahir pada 1975 di kota Goyang-Si, yang terletak di provinsi Kyongki-Do, Korea Selatan. Pada usia 19, seniman pemula ini mendaftar di Sekolah Seni Rupa, jurusan Seni dan Desain.

Artis asal Korea Selatan ini dikenal karena kemampuannya untuk menciptakan kembali sepenuhnya sebuah adegan kompleks dari ingatan. Tak hanya itu, ia juga memegang Guinness World Record untuk "gambar terpanjang oleh seorang individu".

Dilansir di Ripene, Rabu (5/10), Jung Gi menyelesaikan kuliah di Universitas Dong-Eui di Busan selama tiga tahun. Ia juga menjalani kewajiban militer selama dua tahun, sebagai bagian dari Unit Pasukan Khusus.

Publikasi pertama Kim Jung Gi, Funny Funny, diterbitkan di majalah Young Jump. Dia pernah menulis sejumlah cerita pendek dan mengadakan pameran untuk karyanya, yang mengarah pada pengajaran manhwa (buku komik Korea) ke berbagai sekolah dan universitas swasta.

Kim berkolaborasi dengan Seung-Jin Park, penulis Tiger the Long Tail, untuk menggambar enam volume untuk komiknya. Dia juga bekerja bersama penulis Prancis Bernard Werber, mengilustrasikan dua novel yang dia tulis, yaitu– “Paradise” pada 2010 dan “Third Humanity” pada 2013.

Pada 2011, Kim Jung Gi ikut serta dalam Festival Komik yang diadakan di Bucheon. Untuk pertama kalinya, ia menggambar secara langsung. Dalam kebanyakan kasus, seniman memamerkan gambar atau lukisan berbingkai, tetapi dirinya memutuskan untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Dia meletakkan kertas di tiga dinding di sekeliling mejanya dan mulai menggambar.

CEO Superani Hyun Jin Kim merekam dan mengunggah seluruh proses ini di YouTube dan menjadi viral. Hal ini menyebabkan ia menerima undangan ke berbagai acara di seluruh dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, ia menerima undangan untuk tampil di Prancis, Amerika, di seluruh Asia dan sekarang di Jepang untuk pertunjukan pertamanya yang berjudul “Drawing Exhibition”.

Jung Gi memiliki enam buku sketsa yang dicetak, yang setara dengan sekitar 4.500 halaman gambar dalam rentang 12 tahun. Kolaborasi lain telah ia lakukan dengan artis legendaris Jepang Katsuya Terada pada 2017. Pasangan ini membuat sketsa yang menakjubkan dari berbagai gambar, memamerkan bakat mereka.

Tak hanya menggambar, ia juga bekerja di berbagai industri, seperti film, musik dan pemerintahan. Kim pernah mengadakan pameran fitur di Cheongwadae, tempat kerja dan kediaman resmi presiden Republik Korea. Dia juga pernah diajak bekerja sama oleh artis Hip-Hop Korea Drunken Tiger untuk membuat sampul album.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA