Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Auditor Kemenag Diharap Memahami Moderasi Beragama

Rabu 05 Oct 2022 16:37 WIB

Red: Muhammad Hafil

Inspektorat Jenderal Kemenag menyelenggarakan Orientasi Pelopor Moderasi Beragama Inspektorat Jenderal Tahap III di Hotel Onih, Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/10/2022).

Inspektorat Jenderal Kemenag menyelenggarakan Orientasi Pelopor Moderasi Beragama Inspektorat Jenderal Tahap III di Hotel Onih, Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/10/2022).

Foto: Dok Republika
Program prioritas Kemenag adalah moderasi beragama.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Inspektorat Jenderal Kemenag menyelenggarakan Orientasi Pelopor Moderasi Beragama Inspektorat Jenderal Tahap III di Hotel Onih, Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/10/2022). 

Inspektur Jenderal Kemenag RI, Faisal menerangkan bahwa Menteri Agama bahwa tidak mentolerir kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag memiliki sikap intoleran, apalagi sampai berpaham ekstrem. 

Baca Juga

"Ini merupakan tugas kita sebagai pengawasan yaitu untuk terus mengawal program prioritas Kemenag yakni penguatan moderasi beragama, maka auditor harus memahami apa itu moderasi beragama," Ungkap Faisal. 

Inspektur Jenderal melanjutkan auditor Inspektorat Jenderal harus mampu menjadi evaluator sekaligus insider dalam kegiatan penguatan moderasi beragama. 

"Kita harus dapat memberikan sudut pandang kepada pimpinan, apa kebijakan ini sudah baik, apa proses bisnisnya sudah memadai, dan memberikan sumbang saran untuk menyempurnakan program ini," Imbuh Faisal 

Menurut Faisal perbedaan adalah fitrah maka Inspektorat Jenderal harus mencontohkan harmonisasi perbedaan itu. 

"Saya berharap kalau Itjen sudah paham dan memahamkan konsep ini, maka tidak ada lagi ujaran kebencian yang dilakukan ASN Kemenag, karena Itjen hadir sebagai pelopor toleransi untuk mewujudkan moderasi beragama," ujarnya

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA