Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Perluas Kebermanfaatan, Rumah Zakat Hadirkan Program Rumah Literasi Qurani

Selasa 04 Oct 2022 13:54 WIB

Red: Gita Amanda

Rumah Literasi Husnul Khatimah memperluas manfaatnya dengan menginisiasi program menghafal juz 30.

Rumah Literasi Husnul Khatimah memperluas manfaatnya dengan menginisiasi program menghafal juz 30.

Foto: Rumah Zakat
Menghafal Alquran dinilai mampu meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.

REPUBLIKA.CO.ID, NGANJUK -- Dalam perkembangannya Rumah Literasi Husnul Khatimah ingin terus memperluas manfaatnya hingga mencapai visi didirikannya yaitu ingin menjadi sebuah tempat yang mengintegrasikan pendidikan di Desa Berdaya Sumberwindu. Output dari visi itu adalah menjadi permodelan Kampung Sains Plus di Kabupaten Nganjuk.

Tahun ini adalah masa untuk Rumah Literasi Husnul Khatimah memperluas manfaatnya dengan menginisiasi program menghafal juz 30. Program tersebut disebut dengan RUTE-QU (Rumah Literasi Qur'ani).

Program ini bertujuan agar Penerima Manfaat (PM) Rumah Literasi Husnul Khatimah tidak hanya unggul dan sukses dalam akademiknya namun juga menjadi insan yang sukses mulia. Sisi baik dari menghafal Alquran juga dinilai mampu meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. 

Terlaksana program Rumah Literasi Qur'ani (RUTE-QU), yang bertempat di Musholla Nurul Iman Dusun Betek RT/RW 13/07 Desa Berdaya Sumberwindu, Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk. Peserta program Rumah Literasi Qur'ani (RUTE-QU) bulan ini bertambah menjadi 27 anak. 

Sebanyak 27 peserta dikelompokkan berdasarkan hasil observasi pada pertemuan pertama menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok A dan kelompok B. Kelompok A untuk anak yang lancar hafalannya dan kelompok B bagi anak yang belum lancar hafalan Alqurannya. 

Program Rumah Literasi Qur'ani (RUTE-QU) ini terlaksana setiap hari Jumat dan Ahad. Setiap Jumat digunakan untuk menambah hafalan, dan setiap Ahad digunakan untuk mengulang kembali surat yang sudah dihafal.

Terlaksana Program RUTE-QU pada awal bulan Agustus di Musholla Nurul Iman Dusun Betek RT/RW 13/07 Desa Sumberwindu.

Program ini berlangsung pada dua sesi yaitu, sesi I mulai pukul 15.30 - 16.30 untuk kelompok A dan sesi II mulai pukul 16.30 - 17.30 untuk kelompok B. 

Tanpa lelah anak-anak tetap berproses mengulang ayat demi ayat dan buka tutup Alquran untuk menambah hafalan mereka. Progres hingga sampai saat ini anak-anak telah menghafal surat An Naas - At Takatsur. 

Rumah Literasi Husnul Khatimah telah memiliki 3 program unggulan yaitu Fun Sains, English Class, dan Rumah Literasi Qur'ani (RUTE-QU). Inilah aksi kami dari Desa membangun Negeri, dari program pendidikan Rumah Zakat akan terbentuk sebuah inisiasi Kampung Sains Plus di Kabupaten Nganjuk. 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA