Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Nasdem Pilih Anies, Demokrat: Figur Pas dan Tepat

Selasa 04 Oct 2022 13:43 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Teguh Firmansyah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pidato dalam acara Deklarasi Calon Predisen (capres) Partai Nasdem di Nasdem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pidato dalam acara Deklarasi Calon Predisen (capres) Partai Nasdem di Nasdem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Foto: Prayogi/Republika
Anies dinilai telah teruji kepemimpinannya di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deputi Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menyambut baik deklarasi Partai Nasdem yang telah menetapkan Anies Baswedan sebagai Capres di Pilpres 2024. Menurutnya, figur Anies adalah pas dan tepat.

"Ini kelanjutan dari Rakernas Partai Nasdem pada Juni lalu yang menetapkan tiga nama yang kemudian saat ini mengerucut menjadi satu nama. Penetapan ini sesuai dengan aspirasi sebagian besar kader Nasdem yang saat itu suara terbanyak memang untuk Anies. Anies adalah figur yang pas dan tepat," katanya saat dihubungi Republika pada Selasa (4/10/2022).

Baca Juga

Kemudian, ia melanjutkan Anies telah teruji kepemimpinannya dalam mengemban mandat rakyat yang telah memajukan Jakarta. Ia juga sukses menjadi pemimpin dengan standar demokrasi dan kepemimpinan yang tinggi dan berhasil menunaikan dan melunasi janji-janji kampanyenya.

"Pemimpin yang punya konsep, terukur dalam menyusun program serta kemampuan eksekusi yang baik yang telah membawa Jakarta menjadi kota kelas dunia. Bukan hasil pencitraan, tidak perlu masuk gorong-gorong dan tidak perlu marah-marah," kata dia.

Ia menambahkan penetapan ini juga sejalan dengan aspirasi segenap kader Partai Demokrat dan sebagian besar masyarakat yang tercermin pada hasil berbagai lembaga survei yang menempatkan pasangan Anies dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) paling diinginkan publik dengan elektabilitas tertinggi.

"Keduanya juga dikenal cerdas, memiliki kompetensi dan kualitas kepemimpinan yang memadai serta chemistry yang pas," kata dia.

Ia menjelaskan Anies dan AHY bisa menjadi dwitunggal yang saling melengkapi dan menggenapkan satu sama lainnya.

"Mereka berdua adalah figur yang paling pas merepresentasi aspirasi sebagaian besar rakyat untuk perbaikan dan perubahan kearah Indonesia yang lebih maju, demokratis adil dan sejahtera," kata dia.

Sebelumnya diketahui, Partai Nasdem secara resmi mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres) yang akan diusung pada Pilpres 2024. Pihaknya ingin menitipkan perjalanan bangsa ini kepada Anies Baswedan.

"Yang dicari Nasdem adalah yang terbaik daripada yang baik-baik, inilah kenapa akhirnya Nasdem melihat seorang sosok Anies Baswedan. Kenapa Anies Baswedan? jawabannya adalah 'Why not the best?'," kata Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh saat konferensi pers 'Deklarasi Capres Partai Nasdem' melalui zoom pada Senin (3/10/2022).

Kemudian, ia melanjutkan memiliki keyakinan untuk memilih Anies Baswedan sebagai Capres. Jika Anies terpilih menjadi Presiden 2024 ia ingin Anies menjaga dan memimpin bangsa ini dengan karakter serta bermatabat. "Maka, tugas utama Anies nantinya melihat kembali sejauh mana nilai harkat dan martabat yang sudah berhasil untuk diperbaiki," kata dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA