Selasa 04 Oct 2022 11:22 WIB

AS Sebut Peluncuran Rudal Korut Rusak Stabilitas dan Desak Dialog

AS sebut penembakan rudal balistik Korut di atas wilayah Jepang merusak stabilitas

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
AS sebut penembakan rudal balistik Korea Utara (Korut) di atas wilayah Jepang sebagai tindakan merusak stabilitas.
Foto: AFP
AS sebut penembakan rudal balistik Korea Utara (Korut) di atas wilayah Jepang sebagai tindakan merusak stabilitas.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Asisten sekretaris Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) untuk urusan Asia Timur dan Pasifik Daniel Kritenbrink mengatakan, jalan untuk dialog tetap terbuka kepada Korea Utara (Korut). Hanya saja, dia menggambarkan penembakan rudal balistik Korea Utara (Korut) di atas wilayah Jepang sebagai tindakan merusak stabilitas.

"Kami mendesak (Korut) untuk mengambil jalan dialog, berkomitmen untuk diplomasi yang serius dan berkelanjutan, dan menahan diri dari kegiatan destabilisasi lebih lanjut," kata Kritenbrink pada acara daring yang diselenggarakan oleh Institute for Corean-American Studies tak lama setelah peluncuran rudal Korut.

Baca Juga

Menurut Kritenbrink, Washington akan mengambil semua tindakan yang diperlukan, yang melibatkan semua elemen kekuatan nasional untuk membela sekutu perjanjian Seoul dan Tokyo. Dia mengatakan bahwa sambil membiarkan pintu terbuka untuk dialog, Washington akan menanggapi dengan tegas ancaman yang berkembang yang ditimbulkan oleh Pyongyang.

"Kami tidak punya pilihan lain selain melakukannya. Saya tidak berpikir siapa pun harus meragukan hasil kami dalam hal mengejar sanksi dan otoritas lain untuk membebankan biaya pada tindakan ini," ujar Kritenbrink.

Meski begitu, Kritenbrink mengatakan Washington tetap terbuka untuk berdialog dengan Pyongyang tanpa prasyarat. "Sayangnya ... satu-satunya tanggapan yang kami lihat sejauh ini adalah peningkatan jumlah peluncuran rudal balistik dan tindakan provokatif lainnya. Ini bukan jalan yang produktif ke depan, baik untuk Korea Utara maupun untuk kita semua," ujarnya.

Kritenbrink mengulangi penilaian AS bahwa dimulainya kembali uji coba bom nuklir oleh Korut untuk pertama kalinya sejak 2017 kemungkinan besar hanya menunggu keputusan politik. Dia mengatakan tindakan berbahaya seperti itu akan mewakili eskalasi serius yang akan secara serius mengancam stabilitas dan keamanan regional dan internasional.

"Adalah kepentingan terbaik masyarakat internasional untuk memastikan DPRK tahu bahwa tindakan seperti itu akan mendapat kecaman dengan suara bulat, bahwa satu-satunya jalan menuju perdamaian dan stabilitas jangka panjang adalah negosiasi," kata Kritenbrink merujuk pada singkatan nama resmi Korut, Republik Rakyat Demokratis Korea.

Selain itu, Kritenbrink juga meminta Cina perlu berbuat lebih banyak untuk memerangi penghindaran sanksi oleh Korut di perairan pantainya. Dia mendesak Cina dan Rusia harus bekerja untuk menutup jaringan pengadaan Korut.

Kritenbrink sangat kritis terhadap Cina dan Rusia dan mengatakan membujuk Korut untuk melakukan denuklirisasi harus menjadi bidang kerja sama dengan saingan strategis antara AS-Cina. "Kegagalan RRC dan Rusia untuk sepenuhnya dan sepenuhnya memenuhi kewajiban mereka ... hanya, kami khawatir, membuat DPRK berani merongrong Dewan Keamanan PBB, tatanan berbasis aturan internasional dan rezim non-proliferasi global," katanya merujuk pada singkatan Republik Rakyat China.

Sedangkan Menteri Pertahanan Jepang Yasukazu Hamada menyatakan pada Selasa (4/10/2022), negaranya akan membuka segala opsi, termasuk kemampuan serangan balik, atas tindakan Korut. Tokyo akan memperkuat pertahanannya dalam menghadapi peluncuran rudal berulang kali dari Pyongyang.

"Mengingat situasi ini, kami akan terus memeriksa semua opsi, termasuk apa yang disebut 'kemampuan serangan balik' dan tidak mengesampingkan apa pun karena kami terus bekerja untuk secara fundamental memperkuat kemampuan pertahanan kami," kata Hamada dalam sebuah pengarahan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement