Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

Peringati Hari Batik Nasional di Jakarta, Fatih Indonesia dan Sandiaga Usung Kreasi Modern

Selasa 04 Oct 2022 05:44 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (kedua kanan).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (kedua kanan).

Foto: Dok. Republika
Motif batik yang dipakai di koleksi ini adalah kombinasi dari simbol SSU.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak masyarakat semakin mencintai batik. Menurut dia, batik merupakan kesenian asli Indonesia yang banyak mengundang decak kagum dunia internasional.

"Oleh karenanya, batik dan pariwisata itu sangat erat kaitannya. Di hari bati nasional ini sayang mendukung kreasi bangsa yang menjadikan batik sebagai andalan dalam berinovasi," kata dia di Jakarta, Ahad (2/10/2022).

Baca Juga

Untuk itu, Sandiaga mendukung peluncuran kreasi dari jenama lokal Fatih Indonesia bertajuk 'Batik Sandiaga Series' koleksi terbaru ini didukung oleh Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi DKI Jakarta dan Hijra Bank.

Founder sekaligus CEO Fatih Indonesia Fahmi Hendrawan mengatakan, kebanggaan keoada batik harus terus dijaga. Menurut dia, siapapun itu, bangsa Indonesia tak pernah lepas dari batik dalam kesehariannya.

"Inspirasi kamu berasal dari mana saja, tapi yang penting kelestarian batik ini terus terjaga," kata dia.

Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah DKI Jakarta Tito Maulana sebagai manusia, sejak lahir hingga wafat, orang Indonesia, khususnya kaum muslim selalu bersentuhan dengan batik.

"Dari lahir, kita digendong dengan kain bermotif batik. Kita kerja sekarang, pakai batik. Kelak kita meninggal, dikafani, alasanya kain batik, jadi memang batik ini sudah sangat melekat," kata Tito.

Pada kesempatan ini, Co-Founder & Managing Director Alami Group, Bembi Triawan Juniar turut hadir menyampaikan dukungannya. “Alami Group memiliki misi memberikan dampak positif seluas-luasnya kepada masyarakat dan berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Melalui kegiatan ini, Alami Group melalui Hijra Bank mendorong pelaku industri dan UMKM dalam membangun bisnis yang berkelanjutan, berlandaskan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alamin yang dijunjung ALAMI dan sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Sekali lagi selamat untuk koleksi Sandiaga Series semoga Fatih Indonesia makin berkembang pesat,” kata Bembi.

Harapannya gelaran ini bisa menjadi pemicu peningkatan sektor industri batik serta industri halal di Indonesia. Untuk itu pelestarian dan perkembangan usaha batik harus menciptakan hasil karya dengan kualitas yang baik serta memiliki ciri khas dari tiap daerah di Nusantara.

Di depan para pengunjung, sejumlah model tampil memperagakan busana batik modern Sandiaga Series yang terdiri dari, batik koko modern, kimono batik, jaket varsity batik, dan full batik koko. Dengan peluncuran koleksi ini, Fatih Indonesia kian memperkuat posisinya sebagai brand fashion pria muslim modern yang selalu mengombinasikan nilai-nilai budaya asli Indonesia khususnya batik cap otentik dari para pengrajin lokal dengan gaya busana modern.

Motif batik yang dipakai di koleksi ini adalah kombinasi dari simbol SSU inisial dari nama Sandiaga Salahudin Uno, unsur batik mega mendung yang merupakan motif favorit sandiaga uno, serta simbol dari prinsip kerja Sandi Uno yaitu kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA