Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

5 Trik Gunakan Heels Agar tak Lecet, Keseleo, dan Lemahkan Pergelangan Kaki

Senin 03 Oct 2022 16:50 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Stiletto, sepatu dengan hak yang tinggi. High heels dapat membuat penggunanya terlihat lebih jenjang, namun itu ada risikonya.

Stiletto, sepatu dengan hak yang tinggi. High heels dapat membuat penggunanya terlihat lebih jenjang, namun itu ada risikonya.

Foto: Getty Images
Pengguna heels berisiko lecet, keseleo, dan mengalami kelemahan pergelangan kaki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepatu hak tinggi atau heels memang dapat membuat tampilan terlihat cantik dan anggun. Namun, di balik keindahannya, sepatu hak tinggi bisa merusak kaki dan pergelangan kaki.

Ahli podiatri dari Royal College of Podiatry, Emma McConnachie, mengungkapkan bahwa penggunaan sepatu hak tinggi bisa memicu terjadinya lecet, keseleo, nyeri, hingga melemahnya pergelangan kaki. Namun, ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar sepatu hak tinggi tak merusak kaki. Berikut ini adalah lima trik di antaranya, seperti dilansir The Sun, Senin (3/10/2022).

Baca Juga

Perhatikan tinggi hak sepatu

Sepatu dengan hak yang tinggi, seperti stiletto, dapat membuat penggunanya terlihat lebih jenjang. Akan tetapi, hak sepatu yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kerusakan pada kaki.

Terkait hal ini, Emma dan ahli podiatri lain merekomendasikan orang-orang untuk menghindari sepatu dengan tinggi hak lebih dari dua sentimeter. Sepatu dengan hak yang lebih tinggi dari dua sentimeter bisa menyebabkan masalah pada kaki.

"Hindari tipe hak yang tipis dan seperti stiletto, karena bisa memunculkan ketidakstabilan dan kaki Anda akan lebih sering goyah," kata Emma.

Bila ingin menggunakan sepatu dengan hak yang lebih tinggi, Emma lebih merekomendasikan sepatu yang bisa memberi sokongan dengan baik. Misalnya sepatu dengan hak yang tebal atau sepatu dengan tipe wedges. Akan lebih baik bila sepatu hak tinggi yang digunakan memiliki tali di sekitar pergelangan kaki atau melintang di tengah punggung kaki.

Merendam kaki

Penggunaan sepatu hak tinggi bisa memunculkan beragam keluhan yang tak nyaman, mulai dari lecet hingga nyeri. Salah satu cara untuk menghindari keluhan nyeri di bagian ball atau bantalan di bawah ibu jari kaki adalah dengan tidak menggunakan sepatu hak tinggi terlalu lama.

Setelah menggunakan sepatu hak tinggi, ganti dengan sepatu dengan sol yang lebih tebal dan hak yang lebih rendah agar kaki bisa beristirahat. Agar rasa tak nyaman bisa berkurang, coba rendam kaki di air hangat setelah menggunakan sepatu hak tinggi. Rendam kaki selama 10-15 menit.

Utamakan kenyamanan

Bila ingin menggunakan sepatu hak tinggi untuk menghadiri suatu acara dalam waktu yang cukup lama, coba pilih sepatu hak tinggi yang terasa nyaman saat digunakan. Selain itu, pilih juga sepatu hak tinggi yang bisa memberikan sokongan terbaik bagi tubuh.

"Pilih sepatu yang Anda tahu bisa digunakan dalam waktu lama, dan pilih pakaian yang sesuai dengan sepatu tersebut," kata Emma.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA