Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

Tiga Tanda Kanker Stadium Akhir, Gejalanya Persis Seperti yang Dirasakan Pasien Paliatif

Senin 03 Oct 2022 16:24 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Perawatan pasien kanker (ilustrasi). Studi yang dilakukan di unit perawatan paliatif di Taiwan mengungkap tiga gejala yang biasa dirasakan pasien kanker stadium akhir.

Perawatan pasien kanker (ilustrasi). Studi yang dilakukan di unit perawatan paliatif di Taiwan mengungkap tiga gejala yang biasa dirasakan pasien kanker stadium akhir.

Foto: www.freepik.com.
Pengobatan pasien paliatif ditujukan untuk meredakan gejala kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penderita kanker stadium akhir memperlihatkan tanda-tanda yang khas. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMC Palliative Care mengungkap kecenderungan tersebut.

Dalam penelitiannya, ilmuwan berusaha untuk menilai keparahan gejala pasien dengan kanker stadium lanjut di unit perawatan paliatif. Mereka juga mengeksplorasi faktor-faktor yang terkait dengan perbaikan gejala.

Baca Juga

Menurut Cancer Research UK, tujuan perawatan paliatif adalah meredakan gejala dan meningkatkan kualitas hidup. Perawatan tentunya dapat digunakan pada setiap tahap penyakit jika ada gejala yang mengganggu, seperti rasa nyeri atau sakit.

"Pada kanker stadium lanjut, pengobatan paliatif dapat membantu seseorang untuk hidup lebih lama dan lebih nyaman, bahkan jika mereka tidak dapat disembuhkan," kata badan amal tersebut dilansir Express, Senin (3/10/2022).

Studi dilakukan di unit perawatan paliatif di Taiwan antara Oktober 2004 hingga Desember 2009. Intensitas gejala diukur dengan "Formulir Pelaporan Gejala" dan dinilai pada skala nol sampai empat (nol berarti tidak ada, dan empat berarti ekstrem).

Pengukuran intensitas gejala ini dilakukan pada hari pertama, ketiga, kelima, dan ketujuh di unit perawatan paliatif. Data penelitian terdiri dari catatan klinis rutin dan data demografis pasien.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA