Friday, 12 Rajab 1444 / 03 February 2023

BPBD Pamekasan Ingatkan Warga Setempat Soal Cuaca Buruk Tiga Hari ke Depan

Sabtu 01 Oct 2022 22:57 WIB

Red: Qommarria Rostanti

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan di Pulau Madura, Jawa Timur, pada Sabtu (1/10/2022) malam menyampaikan peringatan dini potensi cuaca buruk berupa hujan deras disertai angin kencang di wilayah itu. (ILUSTRASI)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan di Pulau Madura, Jawa Timur, pada Sabtu (1/10/2022) malam menyampaikan peringatan dini potensi cuaca buruk berupa hujan deras disertai angin kencang di wilayah itu. (ILUSTRASI)

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Cuaca buruk sesuai prakiraan BMKG itu berpotensi menyebabkan banjir level wasp

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan di Pulau Madura, Jawa Timur, pada Sabtu (1/10/2022) malam menyampaikan peringatan dini potensi cuaca buruk berupa hujan deras disertai angin kencang di wilayah itu. Menurut Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pemkab Pamekasan, Budi Cahyono, cuaca buruk berpotensi terjadi di Kabupaten Pamekasan dalam tiga hari ke depan.

"Ini sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kepada BPBD Pamekasan hari ini," kata Budi di Pamekasan, Sabtu malam.

Baca Juga

Budi mengatakan, berdasarkan prakiraan itu, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Jawa Timur, termasuk di Kabupaten Pamekasan. Potensi hujan itu akan terjadi hingga tiga hari ke depan, yakni mulai tanggal 1 hingga 3 Oktober 2022.

"Sesuai hasil prakiraan itu, cuaca buruk itu berpotensi terjadi pada pagi, siang, sore hingga malam atau dini hari," kata dia.

Budi menyebut, cuaca buruk sesuai dengan prakiraan BMKG itu berpotensi menyebabkan banjir dengan level waspada. "Karena itu, informasi ini penting untuk segera disebarkan, agar masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana bisa lebih meningkatkan kewaspadaan," kata dia.

Berdasarkan data BPBD Pemkab Pamekasan, kecamatan yang masuk daerah rawan bencana di Kabupaten Pamekasan meliputi, Kecamatan Pamekasan, Pademawu, Proppo, Palengaan, Pakong, Waru, Pasean dan Kecamatan Larangan. Di Kecamatan Pamekasan, Palengaan, Proppo dan Kecamatan Pademawu rawan bencana banjir dan angin kencang, sedangkan di Kecamatan Pakong, Waru, Pasean dan Kecamatan Larangan rawan bencana tanah longsor.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA