Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

Penerbangan Padang-Kuala Lumpur Kembali Beroperasi Usai Terhenti 2 Tahun

Sabtu 01 Oct 2022 20:11 WIB

Red: Nur Aini

Penerbangan (Ilustrasi) Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman, Sumatera Barat resmi melayani kembali penerbangan internasional rute Padang-Kuala Lumpur pada Sabtu (1/10/2022) setelah dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19.

Penerbangan (Ilustrasi) Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman, Sumatera Barat resmi melayani kembali penerbangan internasional rute Padang-Kuala Lumpur pada Sabtu (1/10/2022) setelah dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19.

Foto: Dailymail
Penerbangan Padang-Kuala Lumpur setelah dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman, Sumatera Barat resmi melayani kembali penerbangan internasional rute Padang-Kuala Lumpur pada Sabtu (1/10/2022) setelah dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah pada hari ini bertepatan dengan peringatan HUT Provinsi Sumatera Barat ke -77, penerbangan pertama Air Asia rute Padang-Kuala Lumpur resmi beroperasi," kata Eksekutif General Manager Bandara Internasional Minangkabau Siswanto di Padang Pariaman, Sabtu.

Baca Juga

Pada penerbangan perdana itu sebanyak 135 penumpang tiba dari Malaysia dan 105 orang berangkat dari Padang menuju Kuala Lumpur. Ia mengatakan saat masih dilayani satu maskapai, mudah-mudahan ke depan jika bagus mungkin ada maskapai lain yang akan menyusul.

"Kalau melihat kondisi sebelumnya memang ada beberapa penerbangan internasional di Padang, seperti Padang-Singapura dan juga penerbangan umrah langsung dari Padang ke Jeddah," ujarnya.

Sementara Kepala Otoritas Bandara Wilayah VI Endah Purnama Sari bersyukur dengan kembali dibukanya penerbangan internasional.

"Ini adalah momen yang baik setelah Covid-19 melandai, semoga maskapai lain juga membuka penerbangan internasional," kata dia.

Sejalan dengan itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda mengatakan ini merupakan kado terindah bagi Sumbar karena bertepatan dengan hari ulang tahun sumbar ke-77.

"Akhirnya Bandara Internasional Minangkabau dibuka juga sebagai entry poin kedatangan luar negeri," kata dia.

Ia berharap ke depan para wisatawan mancanegara terutama dari Malaysia kembali berwisata ke Sumatera Barat sehingga perekonomian masyarakat dari sektor pariwisata dapat berkembang.

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kembali dibukanya penerbangan ini.

"Ini merupakan sinergi yang memukau bagi kami, karena seluruhnya bergerak dan melakukan upaya yang optimal untuk kembali membuka entry poin ini," ujarnya.

Luhur menyampaikan secara umum destinasi Sumbar sudah siap untuk menyambut wisatawan dan saat ini tengah menyiapkan program untuk 2023 melalui Visit Beautiful West Sumatera 2023.

Penerbangan Padang-Kuala Lumpur resmi dilayani oleh maskapai Air Asia dengan frekuensi dua kali seminggu setiap Selasa dan Sabtu. Berdasarkan penelusuran di website penyedia tiket pada Sabtu harga tiket pesawat mulai dari Rp850 ribu per orang dengan durasi penerbangan 1 jam 10 menit.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA