Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Mahfud: Pancasila Kerap Diuji, Tapi Selalu Menang

Sabtu 01 Oct 2022 14:27 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Menko Polhukam RI, Mahfud MD.

Menko Polhukam RI, Mahfud MD.

Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Mahfud mendorong semua pihak lebih menghayani nilai-nilai Pancasila.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan HAM,Mahfud MD, mengajak semua pihak untuk meningkatkan penghayatan nilai-nilai Pancasila. Terutama, dalam pelaksanaan nilai itu dalam kehidupan berbangsa serta bernegara.

"Yang penting kita perhatikan adalah meningkatkan penghayatan atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya, seperti dikutip dari akun resmi media sosial di Jakarta, Sabtu.

Baca Juga

Ia turut mengucapkan selamat Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober.

Mahfud enjelaskan kesaktian Pancasila adalah saat Pancasila selalu menjadi tempat kembali dan kesepakatan sebagai ideologi negara terhadap setiap ancaman bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. "Pancasila sering diuji dan ditentang, tapi selalu menang. Itu arti Pancasila sakti," kata anggota kabinet yang juga doktor di bidang hukum tata negara itu.

Selain itu, dia mengungkapkan, kesaktian Pancasila dapat dicatat dalam beberapa hal di antaranya melalui debat filosofi di Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) dan PPK pada tahun 1945, di mana kesepakatannya adalah Pancasila.

Selanjutnya, melalui perkawanan fisik oleh DI/TII, PKI, RMS dan organisasi lain yang tetap dimenangkan Pancasila. Kemudian, melalui prosedur konstitusional (Pemilu) dimana pilihannya tetap Pancasila. "Dalam kehidupan sehari-hari pun jika kita berselisih atau terjadi konflik politik, maka masing-masing mengajak penyelesaian sesuai dengan Pancasila," jelasnya.

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA