Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

10 Cara Meningkatkan Penjualan Ala BEC

Sabtu 01 Oct 2022 14:03 WIB

Red: Christiyaningsih

Ada 10 cara yang bisa diterapkan untuk menaikkan omzet penjualan.

Ada 10 cara yang bisa diterapkan untuk menaikkan omzet penjualan.

Foto: UBSI
Ada 10 cara yang bisa diterapkan untuk menaikkan omzet penjualan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – BSI Entrepreneur Center (BEC) sebagai lembaga yang mewadahi pengembangan kewirausahaan mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai Kampus Digital Kreatif, tidak pernah surut memberikan motivasi pada mahasiwa dalam membangun bisnis baik yang baru memulai usaha maupun yang telah lama bergelut di dunia bisnis. 

Ada beberapa keluhan yang kerap kali diungkapkan oleh mahasiswa yang sedang merintis usaha. Salah satunya peningkatan omzet penjualan dari bisnis yang dijalankan. Lalu, bagaimana sih cara meningkatkan penjualan produk? Dilansir situs OCBC NISP, Fuad Nur Hasan selaku kepala BEC sekaligus ketua Inkubator Bisnis BSI membeberkan 10 cara meningkatkan penjualan. Berikut 10 cara meningkatkan penjualan ala BEC: 

Baca Juga

1. Meningkatkan kekuatan brand

Biasanya tanpa brand yang kuat, kita harus bersaing dengan harga yang ada di pasaran. Akan tetapi memberi harga rendah akan sulit meningkatkan omzet dan laba. Maka solusinya kita harus menguatkan brand agar tidak sampai menurunkan harga sehingga produk terkesan murahan.

Perkuatlah brand dengan membangun kepercayaan pada hati customer, beri servis dan kualitas yang terbaik, dan jadikan bisnis punya value atau nilai lebih dari bisnis orang lain. Dengan begitu customer akan puas dan setia menjadi pelanggan tetap. Saat Anda meluncurkan produk baru, pelanggan setia Anda akan membelinya dengan senang hati.

2. Perluas target pasar

Supaya target pasar Anda lebih luas, maka promosi harus ditingkatkan agar semakin banyak orang yang mengetahui usaha Anda. Manfaatkan semua platform penjualan online dan optimalkan semua penggunaannya agar target pasar semakin banyak. Selain itu, Anda juga dapat memasifkan pelebaran target pasar dengan memasang media promosi di jalan supaya orang semakin aware dengan bisnis Anda serta tawarkan produk pada instansi agar semakin luas sasaran target market.

3. Tingkatkan kualitas produk

Produk yang berkualitas akan banyak dicari orang. Produk yang berkualitas adalah produk yang lolos standar, yang diproduksi dengan bahan dan cara yang berkualitas juga, biasanya harga jadi ikut tinggi. Namun Anda jangan khawatir karena biasanya pelanggan yang mencari kualitas akan rela membayar dengan harga tinggi sekalipun.

4. Memberi promo menarik

Pelanggan biasanya selalu senang apabila ada bisnis yang tengah memberi promo. Memberikan promo dapat memancing customer untuk membeli produk Anda. Penjualan bisa meningkat, keuntungan berlipat, apalagi jika Anda beri penawaran promo menarik dengan batasan waktu, misalnya diskon hanya berlaku dua hari. Dijamin bisnis Anda akan banjir pembeli sebab menimbulkan urgensi akan mendesak konsumen untuk segera membelinya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA