Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Sederet Data dan Fakta Menarik Jelang Derbi London Utara, Arsenal vs Spurs

Sabtu 01 Oct 2022 12:43 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi

 Pemain Arsenal William Saliba merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol pertama timnya selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Brentford dan Arsenal, di stadion Gtech Community, London, Ahad, 18 September 2022.

Pemain Arsenal William Saliba merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol pertama timnya selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Brentford dan Arsenal, di stadion Gtech Community, London, Ahad, 18 September 2022.

Foto: AP/David Cliff
Laga nanti benar-benar akan jadi pertunjukkan kemampuan taktik Conte dan Arteta.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Selepas jeda internasional, para pesepak bola kembali fokus ke klub masing-masing. Sejumlah bigmatch bakal terjadi di dataran Inggris.

Salah satunya duel mempertemukan Arsenal dan Tottenham Hotspur. Sebuah laga bertajuk Derbi London Utara. Partai tersebut berlangsung di Stadion Emirates, markas the Gunners, Sabtu (1/10/2022) malam WIB. 

Baca Juga

Kedua tim sama-sama berada di papan atas. Itu menambah sengitnya pertandingan ini nantinya. Dikutip dari laman resmi Arsenal dan whoscored, berikut sejumlah data dan fakta yang tercipta jelang pertempuran di Emirates itu:

2 Selama melatih Arsenal, pelatih Mikel Arteta mengoleksi dua kemenangan beruntun saat timnya jumpa Tottenham Hotspurs di Emirates. Sepanjang sejarah, hanya ada dua juru taktik the Gunners yang meraih tiga kemenangan kandang berturut-turut atas Spurs di awal kepelatihan mereka. Para pendahulu Arteta itu antara lain George Morell (1909-1911), dan Terry Neill (1977-1979).

 

13 Penyerang Spurs, Harry Kane merupakan pencetak gol terbanyak dalam sejarah Derbi London Utara. Total 13 gol ia ciptakan dalam pertandingan tersebut.

 

6 Striker Tottenham lainnya, Son Heung-min terlibat dalam enam gol di lima pertandingan terakhir melawan Arsenal. Perinciannya, ia mencetak empat gol, dan menyumbang dua assists.

 

11 Arsenal tak terkalahkan dalam 11 pertandingan terakhir melawan Tottenham Hotspur di Stadion Emirates. Terakhir kali the Gunners dibungkam sang rival di rumah sendiri, terjadi pada November 2010. Saat itu, skuat gudang peluru takluk 2-3 dari Spurs.

 

1 Ini Derbi London Utara pertama di mana salah satu tim berada di puncak klasemen sementara Liga Primer, sejak Desember 2007.

 

8 Arsenal selalu kebobolan dalam delapan pertandingan kandang terakhir di pentas Liga Primer. Tetapi sebanyak enam di antaranya, berakhir dengan kemenangan. Hanya Liverpool yang memiliki catatan kemenangan kandang berunun terpanjang meski selalu kebobolan di setiap laganya. Itu terjadi pada Agustus hingga Desember 2019 (8).

 

3 Arsenal mengincar kemenangan kandang beruntun untuk ketiga kalinya atas Spurs, sejak 2013.

 

26 Arsenal 26 kali tak terkalahkan dalam 28 laga kandang terakhir melawan Tottenham di berbagai kompetisi.

 

8 Tottenham meraih delapan kemenangan dari 10 partai terakhir di pentas Liga Primer Inggris.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA