Sabtu 01 Oct 2022 09:43 WIB

Pemkab Sukabumi Sediakan Vaksin Rabies Gratis untuk Hewan Peliharaan

Pemkab Sukabumi menyediakan vaksin rabies gratis untuk hewan peliharaan.

Pemeriksaan dan vaksinasi gratis hewan. Pemkab Sukabumi menyediakan vaksin rabies gratis untuk hewan peliharaan.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Pemeriksaan dan vaksinasi gratis hewan. Pemkab Sukabumi menyediakan vaksin rabies gratis untuk hewan peliharaan.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi menyediakan vaksin rabies gratis untuk hewan peliharaan warga untuk mencegah penyebaran rabies dan memperingati Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day) Tahun 2022 tingkat Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Ada 300 dosis yang disediakan dan diperuntukkan bagi jenis hewan peliharaan di antaranya, kucing, anjing, kera dan musang. Kami berharap dengan adanya vaksin hewan ini masyarakat mempunyai kesadaran bahaya penyakit ini," kata Kepala Disnak Kabupaten Sukabumi Dedah Herlina.

Baca Juga

Menurut Dedah, sebelumnya juga pihaknya menggelar vaksinasi gratis di Palabuhanratu untuk masyarakat yang mempunyai hewan peliharaan. Vaksinasi ini sangat penting bagi para pemilik hewan karena seperti diketahui rabies bisa ditularkan kepada manusia melalui cakaran ataupun gigitan dari hewan peliharaan yang memiliki cakar dan taring seperti anjing, kucing, monyet.

Selain itu, ada catatan penting beberapa tahun lalu bahwa pernah terjadi penularan rabies kepada warga di Kabupaten Sukabumi yang menyebabkan korban meninggal dunia yang menjadi perhatian pihaknya dalam upaya menekan angka kasus penyebaran penyakit ini.

Lanjut dia, meskipun Kabupaten Sukabumi sudah terbebas dari kasus rabies sejak 2019. Namun dari hasil pemetaan masih ada beberapa kecamatan yang rawan penyebaran rabies di Sukabumi. Tentu ini daerah ini menjadi fokus pihaknya dalam menanggulangi penyebaran penyakit ini.

"Vaksinasi gratis yang kami gelar lalu juga bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat bahwa rabies dapat dicegah penyebarannya serta penularannya secara signifikan melalui penerapan vaksinasi yang disiplin dan berkelanjutan di daerah asal," tambahnya.

Dedah mengatakan vaksinasi ini pun dilaksanakan di beberapa wilayah UPTD di Kabupaten Sukabumi selain Palabuhanratu juga meliputi Kecamatan Cisolok, Simpenan, Bantargadung dan Warungkiara.

Pihaknya berharap masyarakat mempunyai kesadaran untuk memvaksin hewan peliharaannya, sehingga mereka tidak hanya mengandalkan program vaksinasi gratis saja namun juga harus secara berkala melakukan vaksinasi sesuai anjuran dokter hewan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement