Sabtu 01 Oct 2022 07:45 WIB

Renovasi Galeri Islam di Museum Brooklyn Selesai

Kekuatan utama galeri yang diperbaiki adalah pelabelan komprehensif namun ringkas.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Museum Brooklyn di Brooklyn, New York City, Amerika Serikat telah menyelesaikan proyek renovasi galeri seni Islam dan Asia. Renovasi Galeri Islam di Museum Brooklyn Selesai
Foto: Jeenah Moon/The New York Times
Museum Brooklyn di Brooklyn, New York City, Amerika Serikat telah menyelesaikan proyek renovasi galeri seni Islam dan Asia. Renovasi Galeri Islam di Museum Brooklyn Selesai

REPUBLIKA.CO.ID, BROOKLYN -- Museum Brooklyn telah menyelesaikan proyek renovasi galeri seni Islam dan Asia.  Sebuah proyek senilai sembilan juta dolar yang diselesaikan selama dekade terakhir untuk memperbaiki ruang yang sudah lama yang terakhir diperbaharui pada akhir 1970-an.

 

Baca Juga

Galeri seluas 20 ribu kaki persegi menampilkan hampir 700 objek, sebagian besar telah mengalami beberapa kali konservasi, dari koleksi 17 ribu karya seni Islam dan Asia, termasuk karya kontemporer dan beberapa artefak yang muncul dari penyimpanan untuk pertama kalinya.

 

 

Renovasi yang diawasi oleh firma Ennead Architects yang berbasis di New York, melibatkan peningkatan sistem pencahayaan dan kontrol iklim (yang sebelumnya ditangani oleh penggemar berosilasi besar) dan desain ulang tampilan dan pelabelan koleksi yang bertujuan untuk lebih melibatkan penonton modern.

 

“Sebagian besar koleksi dikumpulkan pada pertengahan abad ke-20 ketika cerita-cerita tertentu dianggap lebih penting daripada yang lain, menurut prioritas dan nilai-nilai waktu itu. Proyek ini adalah kesempatan untuk membawa presentasi ke abad ke-21 baik dari segi ruang fisik maupun melalui narasi yang kami ceritakan," kata kurator museum Seni Asia Joan Cummins, seperti dilansir The Art Newspaper, Sabtu (1/10/2022).

“Ketika museum membangun galeri permanen, ini tentang menunjukkan yang terbaik dari koleksi, yang terkadang mencakup benda-benda unik yang tidak selalu membantu Anda menceritakan kisah arus utama tentang perjalanan waktu tetapi seringkali merupakan karya indah yang Anda ingin orang melihat," tambahnya.

 

Seni Asia Selatan dan Seni Dunia Islam adalah galeri terakhir yang selesai direnovasi. Galeri Islami termasuk bagian sekuler dan non-sekuler dari objek dan karya seni.

 

"Termasuk instalasi yang bertujuan menawarkan skenario kehidupan nyata yang mencerminkan budaya, bukan hanya agama, Islam. Misalnya saja, ada sajadah yang dikelilingi oleh perabotan masjid, serta keramik bergaya yang ditampilkan dalam konteks aslinya, sebagai wadah makanan," kata Aysin Yoltar, kurator seni Islam.

 

Cummins menambahkan kekuatan utama dari galeri yang diperbaiki adalah pelabelan yang komprehensif namun ringkas. “Kami menemukan banyak pengunjung kami tidak membaca label dengan rendah hati dan itu bagus, karena sejujurnya kami lebih suka mereka melihat seninya. Meskipun kami memiliki lebih banyak label sekarang daripada sebelumnya, galeri sebelumnya gagal karena tidak banyak menjelaskan.”

 

Galeri Seni Asia Selatan, misalnya, berisi beberapa objek yang sebelumnya tidak akan berarti banyak bagi Anda, kecuali jika Anda sudah fasih dalam mitologi Hindu. Ada lebih banyak kata-kata, tetapi jika pengunjung memiliki pertanyaan maka mereka mudah-mudahan bisa menjawabnya," kata Cummins

 

Proyek ini didanai dengan beberapa hibah dari New York City dan Mellon Foundation, serta donor publik dan swasta lainnya. Galeri Seni Korea adalah galeri pertama yang dibuka kembali pada 2017, diikuti oleh galeri Seni Cina dan Seni Jepang pada 2019, galeri Seni Asia Tenggara pada 2021 dan Seni Buddha dan Seni Himalaya tahun sebelumnya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement