Jumat 30 Sep 2022 22:01 WIB

Fuso Mulai Uji Coba Truk Listrik di Jakarta

KTB sendiri melakukan PoC untuk mendapatkan masukan lebih lanjut dari konsumen.

Rep: eric iskandarsjah z/ Red: Hiru Muhammad
Mitsubishi Fuso saat ini tengah melakukan tahapa Proof of Concept (PoC) truk listrik di Indonesia. Setelah melakukan uji coba di Bali, kini truk listrik bernama eCanter mulai diuji di Jakarta.
Foto: istimewa
Mitsubishi Fuso saat ini tengah melakukan tahapa Proof of Concept (PoC) truk listrik di Indonesia. Setelah melakukan uji coba di Bali, kini truk listrik bernama eCanter mulai diuji di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Mitsubishi Fuso saat ini tengah melakukan tahapa Proof of Concept (PoC) truk listrik di Indonesia. Setelah melakukan uji coba di Bali, kini truk listrik bernama eCanter mulai diuji di Jakarta.

General Manager Product Strategy PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Bayu Aprizal mengatakan, PoC ini dilakukan lewat kerja sama dengan salah satu perusahaan transportasi logistik terbesar di Indonesia yaitu PT Trimitra Trans Persada (B-Log).

Baca Juga

“Kami mengapresiasi kerja sama mitra kami dalam PoC. Melalui mereka, KTB dapat memperoleh keyakinan bahwa eCanter dapat diterapkan dalam operasional sehari-hari di Indonesia. Tentu masih banyak hal yang harus kami pertimbangkan tetapi kami bangga bahwa kinerja truk ini bisa melampaui ekspektasi awal," kata Bayu, Jumat (30/9/2022).

KTB sendiri melakukan PoC untuk mendapatkan masukan lebih lanjut dari konsumen. Menurutnya, sampai hari ini, begitu banyak konsumen yang menunjukkan minat mereka pada potensi kolaborasi dengan KTB dalam PoC ini.

PoC juga dihadirkan sebagai kesempatan bagi operator dan pengemudi truk untuk mempelajari teknologi baru yang akan segera hadir di Indonesia. "KTB percaya bahwa opini pelanggan yang beragam dan apa adanya ??akan menjadikan eCanter sebagai truk listrik terbaik di Indonesia," ucapnya.

Dengan adanya langkah ini, terlihat bahwa Fuso lebih berpotensi untuk mengawali elektrifikasi di Indonesia lewat truk terlebih dahulu. Setelah mengawali elektrifikasi lewat truk, lanjut dia, baru kemudian Fuso mulai melakukan elektrifikasi pada segmen bus.

Hal ini dilakukan karena Fuso juga melihat bahwa segmen bus merupakan segmen yang sangat potensial. "Secara produk elektrifikasi, saat ini Fuso memang lebih siap untuk mengawalinya lewat truk listrik," ujarnya.

Ia mengungkap, secara prinsip, eCanter merupakan truk yang juga memungkinkan untuk dikonversi menjadi bus. Hal itu bisa dilakukan dengan melepas bagian kabin dan menggantinya dengan body bus serta melakukan sejumlah penyesuaian seperti pada bagian suspensi yang diperuntukan bagi angkutan penumpang.

 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement