Kamis 29 Sep 2022 11:11 WIB

Puluhan Milenial Bandung Antusias Ikuti Pelatihan UMKM Go Digital

UMKM dalam perekonomian nasional memiliki peran sebagai pemeran utama.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Superteam Consultant, menggelar Talkshow yang bertema Transformasi Digital, UMKM Bangkit, belum lama ini. (Istimewa)
Foto: Istimewa
Superteam Consultant, menggelar Talkshow yang bertema Transformasi Digital, UMKM Bangkit, belum lama ini. (Istimewa)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan urat nadi perekonomian daerah dan nasional. Secara umum, UMKM dalam perekonomian nasional memiliki peran sebagai pemeran utama. Khususnya dalam kegiatan ekonomi dan penyedia lapangan kerja terbesar. 

Menurut Leader Superteam Consultant, Tengku Muhamad Syahreza Renaldi, dampak ekonomi akibat pandemi Covid 19 juga dirasakan oleh sektor UMKM. Salah satu dampak yang ditimbulkan karena adanya pandemi ini misalnya rata-rata penurunan penjualan dan laba usaha UMKM sebesar 61 persen. 

Sehingga, UMKM juga terpaksa melakukan pengurangan jumlah karyawan sebesar 22 persen. "Oleh karena itu, UMKM harus siap dalam menghadapi masa pasca pandemi dengan bertransformasi ke dalam ekosistem digital. Yakni, mulai dari mempersiapkan tim dan juga teknologi apa saja yang harus diterapkan dalam transformasi digital ini," ujar Tengku, Kamis (29/9).

Tengku mengatakan, untuk membantu UMKM Go Digital sekaligus dalam rangka syukuran satu tahun berdirinya Superteam Consultant, pihaknya menggelar Talkshow yang bertema “Transformasi Digital, UMKM Bangkit”, belum lama ini. Hadir, pada talkshow tersebut Kang Dewa Eka Prayoga, Feny Mustafa (Founder Shafira), Yana Priatna(Founder Yan Proland) & Irfan Hadi Nugraha (Business Development Shopee). 

"Gelaran UMKM bangkit ini diikuti oleh 70 milenial se Bandung Raya," katanya.

Para pelaku UMKM milenial ini, kata dia, terlihat sangat semangat mengikuti kegiatan karena ingin meningkatkan daya jual mereka. Para UMKM pun punya semangat baru lagi apalagi pembicara yang dihadirkan dalam talk show adalah tokoh-tokoh handal. Yakni, dari pengusaha muda hingga pengusaha berpengalaman. 

"Di acara ini kami memberikan pemahaman terkait hal yang harus diperhatikan di digital marketing. Serta bagaimana menggenjot penjualan di onlen beserta trik dan tipsnya," kata Tengku. 

Dia mengatakan, para UMKM milenial juga diajarkan bagaimana menggunakan sosial media (sosmed). Menurutnya, Superteam Consultant melakukan inisiasi mendampingi para UMKM untuk beralih ke digital Sejak tahun 2021. 

Superteam Consultant telah memfasilitasi transformasi digital ratusan pelaku UMKM dalam menjalankan strategi digital marketing. Sekaligus mempersiapkan sumber daya manusianya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement