Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Andien Aisyah Bagikan Tips Cara Menjaga Tubuh Tetap Ideal

Kamis 29 Sep 2022 11:00 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti

Cara Andien Aisyah menjaga tubuh ideal. (ilustrasi)

Cara Andien Aisyah menjaga tubuh ideal. (ilustrasi)

Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Dalam 2 tahun terakhir, Andien sangat memperhatikan variasi makanan yang dimakan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah memiliki dua anak, bukan halangan bagi solois wanita Andien Aisyah untuk memiliki tubuh yang tetap ideal. Saat hamil, tubuhnya sempat gemuk, namun ia melakukan beberapa hal agar tubuhnya bisa kembali ke bentuk semasa gadis.

Ia mengatakan, mungkin orang hanya melihat tubuh Andien yang tak pernah berubah, padahal saat hamil hingga setelah hamil tubuhnya membesar. Ditambah lagi aktivitas kesehariannya adalah menyusui, sehingga belum bisa mengatur pola makan sepenuhnya.

Baca Juga

“Kalau untuk saat ini, dari 2017 kan tema hidup keseharianku itu menyusui. Tapi karena intensitasnya tidak sebanyak itu lagi, jadi atur pola makannya lebih enak,” ujar Andien dalam peluncuran Mayo-nice dan Caesar Dressing Green Rebel di Burgreens Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Satu masalah kebanyakan ibu hamil atau menyusui adalah kuantitas makanan karena mereka cenderung mudah lapar. Jadi, Andien menyadari bahwa dirinya tidak bisa membatasi kuantitas, sehingga ia fokus pada kualitasnya.

Menurut pelantun lagu “Gemintang” itu, tidak mudah mengembalikan bentuk tubuhnya, apalagi dia sering tergoda mencoba menu makanan terbaru. Namun cara mengakali itu semua, makanan pertama yang ia makan harus sangat berkualitas.

“Makanan pertama yang aku makan harus berkualitas banget, sampai aku kenyang, baru aku bisa makan yang lain-lainnya, sehingga aku tidak memakan makanan sinful dengan kuantitas yang banyak,” kata Andien.

Selain itu, dalam dua tahun terakhir ini dirinya sangat memperhatikan variasi makanan yang dikonsumsi. Ia juga mengurangi asupan gula dalam setiap makanan maupun minumannya.

“Sebenarnya enggak gampang buat aku, tapi paling enggak, ya aku harus mengenyangkan perut dulu dengan kebutuhan badanku sehingga enggak craving banget dan masih bisa makan meski dalam jumlah yang sedikit,” ujar ibunda dari Kawa itu.

Andien mengatakan, pola makan dalam keluarganya pun berpengaruh terhadap bentuk tubuhnya saat ini. Sebab, Andien memaparkan bahwa keluarganya memprioritaskan untuk mengonsumsi makanan yang utuh sehingga lebih mudah dicerna dan sehat bagi tubuh.

“Itu sedikit tips aja. Soalnya dulu aku kalau makan juga gragas semua dimakan, lapar mata, nyoba ini itu. Nah cuma sekarang mencoba untuk membatasinya. Ngakalinnya kayak gitu,” kata dia.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA