Kamis 29 Sep 2022 04:14 WIB

Bawaslu Gunungkidul tidak Perpanjang Waktu Pendaftaran Panwascam

Kebutuhan anggota panwascam di 18 kapanewon/kecamatan sebanyak 54 petugas.

Bawaslu Gunungkidul tidak Perpanjang Waktu Pendaftaran Panwascam (ilustrasi).
Foto: Republika/Idealisa masyrafina
Bawaslu Gunungkidul tidak Perpanjang Waktu Pendaftaran Panwascam (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,GUNUNGKIDUL -- Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak memperpanjang waktu pendaftaran anggota panitia pengawas kecamatan karena telah memenuhi syarat minimal pendaftar.

Ketua Bawaslu Gunungkidul Tri Ismiyanto di Gunungkidul, Rabu (28/9), menyebut partisipasi masyarakat setempat untuk menjadi anggota panwascam sebagai baik.

Baca Juga

"Kebutuhan anggota panwascam di 18 kapanewon/kecamatan sebanyak 54 petugas. Hingga pendaftaran ditutup Selasa (27/9), ada sebanyak 285 orang yang mendaftar. Saya pastikan tidak ada masa perpanjangan untuk proses pendaftaran," kata dia.

Ia mengatakan rinciannya sebanyak 111 pendaftar perempuan dan 174 laki-laki. Untuk pendaftaran paling banyak langsung mendatangi kantor bawaslu sebanyak 254 orang.

Proses pendaftaran melalui email sebanyak 20 pelamar dan via surat 11 pendaftar. Kecamatan Wonosari menjadi wilayah dengan peminat tertinggi dengan pendaftar sebanyak 35 orang.

"Untuk pendaftar paling sedikit ada di Girisubo dengan pelamar delapan orang, sedangkan di kapanewon lain bervariasi antara sembilan sampai 20 pendaftar," kata dia.

Tri Ismiyanto menambahkan sesuai dengan peraturan, jumlah pendaftar di masing-masing kapanewon minimal enam orang. Selain itu, juga ada syarat lain partisipasi pendaftar perempuan sebanyak 30 persen dari jumlah minimal.

"Tidak ada masalah karena syarat ini bisa terpenuhi semua," katanya.

Anggota Bawaslu Gunungkidul Rini Iswandari mengatakan rekrutmen panwascam sudah membuat jadwal tahapan seleksi. Setelah pendaftaran ditutup dilakukan penelitian berkas yang selanjutnya diumumkan ke masyarakat guna mendapatkan saran dan masukan.

Di tahap ini masyarakat diminta memberikan masukan terkait dengan calon anggota panwascam di masing-masing kapanewon.

"Setelahnya ada ujian tes tertulis dan wawancara. Nantinya hasil dari seleksi akan diumumkan secara terbuka," katanya.

Rini berharap tahapan dalam rekrutmen anggota panwascam dapat berjalan dengan baik, sehingga selesai tepat waktu.

"Kami jadwalkan anggota panwascam terpilih dilantik paling lambat 28 Oktober mendatang," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement