Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Dior Terinspirasi Ratu Prancis dalam Koleksinya di Paris Fashion Week

Rabu 28 Sep 2022 12:39 WIB

Red: Nora Azizah

Dior gambarkan Ratu Prancis yang paham kekuatan mode di abad ke-16.

Dior gambarkan Ratu Prancis yang paham kekuatan mode di abad ke-16.

Foto: www.wikimedia.com
Dior gambarkan Ratu Prancis yang paham kekuatan mode di abad ke-16.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perancang rumah mode Dior Maria Grazia Chiuri melihat ke masa pemerintahan Catherine de Medici dan menggunakan hoop skirts khas era baroque, korset, dan sepatu platform, yang ia kerjakan menjadi gaya modern untuk koleksi musim semi di Paris Fashion Week. "Saya pikir dia (Catherine de Medici) adalah orang pertama yang memahami kekuatan mode," kata Chiuri kepada Reuters dalam sebuah wawancara pada Selasa (27/9/2022) waktu setempat.

Koleksi menggambarkan bagaimana ratu Prancis abad ke-16 telah memperkenalkan platform heels untuk mengangkat perawakannya yang mungil. Model-model dalam rok melingkar lebar berbentuk lonceng, celana pendek renda, dan mantel hitam panjang yang dilapisi bunga bersulam, berlenggak lenggok melalui struktur gua yang rumit, diukir dari lapisan karton. Di tengah runway, seniman Eva Jospin mendirikan taman Tuileries.

Baca Juga

"De Medici memperkenalkan bordir ke kalangan bangsawan Prancis," kata Chiuri. 

Bordir tiga dimensi inilah yang Chiuri sematkan pada pakaian dalam berenda halus, namun tetap menjaga modernitas. Chiuri menggunakan kain dengan teknik khusus untuk rok crinoline dan membiarkan bagian perut terbuka untuk banyak penampilan.

"Idenya adalah untuk menciptakan pesta baroque dengan cara kontemporer," kata Chiuri.

Para tamu undangan berkumpul di pinggir runway di bawah payung, terdapat sejumlah selebriti termasuk bintang K-Pop dari Blackpink Jisoo, Natalie Portman dan Maggie Gyllenhaal. Rumah mode milik LVMH itu menandai hari kedua peragaan busana siap pakai untuk Paris Fashion Week, yang berlangsung hingga 4 Oktober.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA