Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

Republika.co.id Beri 5 Perusahaan Penghargaan Anugerah CSR 2022

Selasa 27 Sep 2022 21:44 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Budi Raharjo

Menteri BUMN Erick Thohir bersama VP & CSR& Community Development PT Bank Rakyat Indonesia Dinne Shovia Trensa A, CEO of PT Huawei Tech Investment Jacky Chen, Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi Direktur Utama PT Republika Media Mandiri Mira Djarot (kiri ke kanan) foto bersama dalam acara Anugerah CSR 2022 di Jakarta, Selasa (27/9/2022). Republika menggelar anugerah CSR Republika 2022 dalam rangka HUT ke-27 Republika.co.id, sebagai bentuk apresiasi berbagai dunia usaha atas tindakannya yang memberikan dampak baik untuk masyarakat luas. Republika/Putra M. Akbar

Menteri BUMN Erick Thohir bersama VP & CSR& Community Development PT Bank Rakyat Indonesia Dinne Shovia Trensa A, CEO of PT Huawei Tech Investment Jacky Chen, Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi Direktur Utama PT Republika Media Mandiri Mira Djarot (kiri ke kanan) foto bersama dalam acara Anugerah CSR 2022 di Jakarta, Selasa (27/9/2022). Republika menggelar anugerah CSR Republika 2022 dalam rangka HUT ke-27 Republika.co.id, sebagai bentuk apresiasi berbagai dunia usaha atas tindakannya yang memberikan dampak baik untuk masyarakat luas. Republika/Putra M. Akbar

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ini gelaran pertama Republika yang khusus untuk CSR.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka memperingati milad ke-27, Republika.co.id menganugerahi lima perusahaan/lembaga di bidang berbeda dalam ajang Anugerah Corporate Social Responsibility (CSR) 2022. Kelima bidang CSR mencakup ekonomi, lingkungan, pendidikan, sosial, dan infrastruktur.

Penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi kinerja lembaga atau perusahaan yang menginspirasi melalui program CSR yang telah berkontribusi dalam pemulihan Indonesia dari berbagai sektor. "Ini gelaran pertama Republika yang khusus untuk CSR. Kita laksanakan sebagai tanda terima kasih kita kepada korporasi yang sudah secara serius menggarap program CSR-nya untuk benar-benar memberdayakan masyarakat," kata Pemimpin Redaksi Republika, Irfan Junaidi.

Mengangkat tema “Kolaborasi untuk Negeri", lima perusahaan/lembaga yang menerima penghargaan Anugerah CSR Award 2022 Republika.co.id adalah Pertamina (CSR Bidang Ekonomi), Bank BRI (CSR Bidang Pendidikan), Adaro (CSR Bidang Lingkungan), Universitas BSI (CSR Bidang Sosial), dan Huawei Indonesia (CSR Bidang Infrastruktur). 

Kepala Republika.co.id, Elba Damhuri, mengatakan CSR telah menjadi ikon utama dalam pembangunan berbagai sektor di Indonesia, seperti ekonomi, pendidikan, lingkungan, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), hingga infrastruktur. Elba berkata, dalam pemberdayaan ekonomi rakyat dari level paling bawah, ada peran CSR di sana. "Begitupun di sektor-sektor lainnya yang memberikan kontribusi signifikan bagi pemberdayaan orang, alam, hingga kearifan lokal,” katanya.

Melalui program CSR menjukkan korporat tidak hanya berfokus pada keuntungan semata. Namun, CSR dapat memberikan manfaat untuk kepentingan, kebutuhan, dan pemberdayaan masyarakat serta lingkungan sekitar. Karena itu, Elba menjelaskan, dalam rangka HUT ke-27, Republika.co.id memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang berjuang melalui program CSR mereka.

“Pada milad ke-27 Republika.co.id, Republika memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang telah berjungan secara konsisten mengembangkan masyarakat dan lingkungan dengan program-program CSR mereka,” ujarnya.

Dijelaskan Elba, penilaian Anugerah CSR terdiri dari beberapa indikator, seperti program, konsistensi, jangkauan, kedekatan, dampak, dan endurance program CSR. “Tim juri sudah menilai dan mempelajari puluhan perusahaan yang memiliki program CSR, baik dari BUMN maupun perusahaan swasta lainnya,” tambahnya.

photo
Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk Garibaldi Thohir bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, VP of CSR & SMEPP Management PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman, Direktur Utama PT Republika Media Mandiri Mira Djarot dan Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi (kiri ke kanan) berfoto dalam acara Anugerah CSR 2022 di Jakarta, Selasa (27/9/2022). Republika menggelar anugerah CSR Republika 2022 dalam rangka HUT ke-27 Republika.co.id, sebagai bentuk apresiasi berbagai dunia usaha atas tindakannya yang memberikan dampak baik untuk masyarakat luas. Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)
 
Alasan Republika mengganjar Pertamina penghargaan CSR Bidang Ekonomi karena mampu mengintegrasikan isu dan tantangan sosial ke dalam penciptaan nilai ekonomi. Pertamina juga turut serta memfasilitasi upaya pemberdayaan UMKM yang sejalan dengan bisnis dan operasi perusahaan. 

Program Pinky Movement yang dimulai sejak tahun 2020 dan direncanakan berjalan selama 3 tahun, memberikan value creation bagi masyarakat atau UMKM, perusahaan selaku pelaksana program, maupun Pemerintah sebagai regulator.

Tak terbilang lagi berapa banyak pelaku UMKM yang telah terbantu oleh program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan atau CSR, ini di seantero negeri. Pinky Movement merupakan program yang menyasar UMKM yang menjadi bagian rantai distribusi LPG untuk dapat naik kelas melalui pembiayaan modal usaha dan pembinaan. UMKM naik kelas, pemanfaatan LPG tepat sasaran. Atas program CSR yang inovatif ini, Anugerah CSR 2022 Republika Bidang Ekonomi diberikan kepada PT Pertamina (Persero).

Di sisi pendidikan Bank BRI menjadi bagian dari pihak yang ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Melalui Program Beasiswa BRI Peduli, BUMN ini merancang sejumlah program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan atau CSR. Mengapresiasi jasa tenaga pendukung medis penanganan Covid-19, diberikanlah dana pendidikan untuk 1.800 anak tenaga pendukung medis. Dana pendidikan juga diberikan untuk 1.800 anak pelaku usaha mikro di Desa BRIlian dan beasiswa pasca sarjana bagi 36 jurnalis media terpilih setiap tahunnya.

Tak berhenti di situ, program inisiatif bantuan renovasi atau pembangunan sekolah pedalaman atau perbatasan di Indonesia, juga dijalankan. Bantuan khusus bagi sekolah yang jauh dari perkotaan ini telah terlaksana di 8 sekolah pada tahun 2021 dan 14 sekolah sedang dalam proses di tahun 2022. Atas komitmen kuat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa ini, Anugerah CSR 2022 Republika Bidang Pendidikan disematkan kepada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Di bidang lingkungan, Adaro Indonesia tak bisa dilepaskan dari keberhasilan menjaga lingkungan dan masyarakat yang menjadi bagian penting dalam merencanakan tambang. Sebagai salah satu perusahaan tambang barubara terbesar di Indonesia, Adaro Indonesia senantiasa menerapkan ESG (environment, social, governance) dan good mining practices (praktik pertambangan yang baik dan benar).

Dalam bidang lingkungan, salah satu yang dilakukan Adaro Energy Indonesia adalah mengembangkan Pulau Bakut untuk bekantan. Hasilnya, populasi satwa bekantan atau kera hidung panjang di Taman Wista Alam (TWA) Pulau Bakut, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan bertambah. Hingga Juli 2022, terdapat 122 ekor bekantan yang menempati pulau seluas 15,58 ha tersebut. Jumlah itu terus mengalami peningkatan yang semula hanya 67 ekor pada tahun 2018. Atas kontribusinya yang sangat signifikan dalam pembangunan lingkungan, Adaro Indonesia meraih CSR Award Republika 2022 Bidang Lingkungan.

photo
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memberikan penghargaan Co-Founder Universitas BSI Naba Aji Notosaputro dalam acara Anugerah CSR 2022 di Jakarta, Selasa (27/9/2022). Republika menggelar anugerah CSR Republika 2022 dalam rangka HUT ke-27 Republika.co.id, sebagai bentuk apresiasi berbagai dunia usaha atas tindakannya yang memberikan dampak baik untuk masyarakat luas. Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)
 

Perwakilan di bidang sosial diwakili Universitas BSI. Salah satu cara untuk meningkatkan harkat dan martabat bangsa Indonesia adalah pendidikan tinggi. Karenanya pendidikan tinggi itu harus terjangkau biayanya, dan menyebar hingga ke pelosok daerah. Itulah yang melatarbelakangi lahirnya Universitas  BSI  (Bina Sarana Informatika) lebih dari 30 tahun lalu.

Tak hanya itu, sejak awal Yayasan BSI menyediakan Beasiswa Khusus  yatim dan dhuafa untuk kuliah di Universitas BSI. Saat ini penerima Beasiswa Khusus BSI rata-rata berjumlah sekitar 500 orang per tahun. Atas kesungguhannnya membuka jalan bagi ribuan anak muda mengecap bangku perguruan tinggi, Universitas BSI diganjar Anugerah  CSR Award Republika Tahun 2022 Bidang Sosial.

Di era teknologi seperti sekarang, PT Huawei Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang berusaha memberikan yang terbaik kepada rakyat Indonesia. Selalu menghubungkan yang belum terhubung. Itulah yang menjadi visi perusahaan Huawei Indonesia. Misi itu pula yang menyemangati Huawei Indonesia untuk membangun konektivitas jaringan yang menghubungkan warga Papua. 

Dengan ketekunan dan semangat pantang  menyerah, Huawei Indonesia berhasil membangun instalasi jaringan yang mencakup areal 319.036 kilometer persergi,  dengan ketinggian mencapai 4.884 meter, di wilayah Papua Barat. Atas kiprahnya yang luar biasa tersebut, Penghargaan CSR Award Republika 2022 Bidang Infrastruktur disematkan kepada Huawei Indonesia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA