Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

Shin: Indonesia Bersiap Cari Lawan dengan Peringkat Lebih Tinggi

Rabu 28 Sep 2022 00:22 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Pesepak bola tim nasional Indonesia Witan Sulaeman (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Tim Nasional Curacao Leandro Jones (kiri) pada pertandingan Fifa Match Day. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengapresiasi perjuangan tim asuhannya untuk memenangkan pertandingan FIFA Matchday kedua melawan Curacao di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (27/9/2022) malam WIB. Ia mengucapkan terimakasih kepada tim yang sudah bekerja keras.

Pesepak bola tim nasional Indonesia Witan Sulaeman (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Tim Nasional Curacao Leandro Jones (kiri) pada pertandingan Fifa Match Day. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengapresiasi perjuangan tim asuhannya untuk memenangkan pertandingan FIFA Matchday kedua melawan Curacao di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (27/9/2022) malam WIB. Ia mengucapkan terimakasih kepada tim yang sudah bekerja keras.

Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi
Shin Tae- Yong yakin Indonesia perlu lawan peringkat tinggi untuk berkembang

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengapresiasi perjuangan tim asuhannya untuk memenangkan pertandingan FIFA Matchday kedua melawan Curacao di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (27/9/2022) malam WIB. Ia mengucapkan terimakasih kepada tim yang sudah bekerja keras.

Menurutnya sang kapten Rachmat Irianto berhasil memimpin tim dengan baik dalam pertandingan yang dimenangkan Indonesia dengan skor 2-1. "Terimakasih kepada pemain karena sudah bekerja keras. Saya sangat bangga. Ini ada kapten, Irianto memimpin timnya dengan baik. Semuanya menjadi satu hati dan karena itu lah bisa mendapat kemenangan untuk hari ini," kata Shin usai pertandingan.

Ini menjadi kemenangan kedua bagi Indonesia atas Curacao yang mempunyai peringkat jauh lebih tinggi dari pada Indonesia di ranking FIFA. Dua kemenangan ini membawa Indonesia naik ke peringkat ke-152. Tapi Shin tidak berpuas diri dan berencana untuk melakukan uji coba dengan peringkat yang lebih tinggi lagi.

"FIFA Matchday tahun ini tidak ada lagi, di tahun depan kita akan lawan yg lebih tinggi lagi agar sepak bola Indonesia bisa semakin berkembang," kata Shin.

Baca juga : Peringkat Timnas Indonesia Meningkat, Tapi Masih di Bawah Malaysia

Pelatih asal Korea Selatan itu mengakui skuad Garuda telah menunjukkan progres ke arah yang lebih baik. Menurutnya, kepastian Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 berhasil menambah kepercayaan diri para pemain. Selain itu, dia mengungkapkan, anak asuhnya sudah semakin memahami filosofi permainannya. 

"Setelah lolos ke Piala Asia percaya diri pemain semakin meningkat, pemain mulai paham filosofi sepak bola saya, mereka juga semakin bisa beradaptasi dengan sepak bola saya," kata Shin.

Senada dengan itu, kapten pengganti Rachmat Irianto mengucapkan rasa syukur atas kemenangan yang diraih timnya dalam dua pertandingan melawan Curacao. Ia mengakui pertandingan kedua berjalan dengan tensi yang lenih tinggi, tapi dia bersyukur timnya bisa kembali meraih kemenangan. 

"Alhamdulillah pertandingan yang sangat keras tp bersyukur jida memenangkan pertandingan ini adalah hasil kerja keras semuanya," kata Irianto. "Kita di ruang ganti diminta untuk berjuang lebih keras lagi melawan tim dengan ranking yang lebih tinggi. Kita diminta untuk berani bermain bola-bola pendek. Kita banyak dimotivasi oleh coach Shin di ruang ganti," tambahnya. 

Baca juga : Ayo PBSI, Damaikan Kevin Sanjaya dan Herry IP

Selain itu, penggawa Persib Bandung itu juga mengucapkan terimakasih atas dukungan yang diberikan oleh suporter. Menurutnya, dukungan langsung dari stadion berhasil menambah semangat para pemain. "Mewakili teman-teman yang lain, kita juga berterimakasih kepada suporter. Itu sangat membantu, karena itu yang kami butuhkan untuk menambah semangat kami," ujarnya.

Selain itu, Ketum PSSI Mochamad Iriawan juga memberikan apresiasi tinggi kepada para pemain timnas Indonesia yang berhasil menaklukkan lawan yang berada di level yang lebih tinggi. Ia mengaku sempat mengkhawatirkan apa yang akan terjadi di laga kedua, karena Curacao diprediksi akan bermain lebih baik.

"Saya selaku yang mewakili federasi mengucapkan terimakasih kepada anak-anak dan pelatih. Tadi saya sempat diskusi dengan Shin, kayanya bakal berat di laga kedua, tapi anak-anak bisa memenangkan dan memberikan yang terbaik. Makasih juga buat doa dari seluruh rakyat Indonesia," kata Iriawan. 

Selanjutnya, Iriawan mengamini keinginan Shin Tae-yong untuk melakukan laga uji coba atau FIFA matchday melawan tim yang berperingkat jauh lebih tinggi lagi. Menurutnya ini pentinh untuk menambah pengalaman para pemain dan memperbaiki posisi Indonesia di peringkat FIFA.

"Lawannya cari yang lebih tinggi dari pada sekarang. Mungkin di bawah 60, tapi saya serahkan kepada Dirtek dan kepelatihan, yang pasti saya ingin lawan yang berat dan lebih tinggi nilainya. Ini juga FIFA matchday terakhir, tapi nanti ada Piala AFF, semoga kita juara. Nanti juga akan ada pemain naturalisasi, semoga jadi lebih kuat lagi," kata Iriawan. 

Baca juga : Kominfo Gunakan Indonesia.go.id Jadi Saluran Akses Informasi

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA