Selasa 27 Sep 2022 21:21 WIB

Demi Sukseskan Muktamar ke-48 Muhammadiyah, Protokoler Siapkan 130 Personel

Penampilan dan sikap protokoler yang harus dipahami itu ada 14 hal.

Rep: C02/ Red: Muhammad Fakhruddin
Demi Sukseskan Muktamar ke-48 Muhammadiyah, Protokoler Siapkan 130 Personel (ilustrasi).
Foto: Humas UMS
Demi Sukseskan Muktamar ke-48 Muhammadiyah, Protokoler Siapkan 130 Personel (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Seksi Penerima Tamu/Protokoler Bidang IV Panitia Penerima Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 telah membuat pembagian tugas bagi petugas protokol untuk pembukaan Muktamar maupun acara-acara pendukung muktamar. 

Koordinator Seksi Penerima Tamu/Protokoler, Sabar Narimo mengungkapkan pihaknya memiliki 120 petugas protokoler. Nantinya petugas akan dibagi per regu pada setiap acara muktamar.

Baca Juga

"Kita sudah pembagian regu, pembagian kelompok, misalnya VIP satu regu sendiri, blok VIP A blok VIP B satu regu sehingga masing-masing 10-15 dipimpin satu orang untuk mengarahkan dan nanti kedepan sudah langsung tinjau lokasi," kata Sabar ketika dihubungi, Selasa (27/9/ 2022).

Menurut Sabar pihaknya secara khusus berkonsentrasi di acara pembukaan Muktamar di Stadion Manahan 19 November mendatang. Pihaknya juga akan melakukan pembagian lokasi dan personil protokolernya.

"Khususnya kita konsentrasi di acara pembukaan itu pembagian, ploting lokasi dengan orang-orangnya. Apakah VVIP, VIP maupun yang ada di sekitar itu," kata Sabar.

Seksi Penerima Tamu/Protokoler juga telah memberi pembekalan kepada seksi protokoler tentang performance dan sikap yang harus dilakukan protokoler. Dalam pembekalan itu juga dilakukan penyamaan persepsi bahwa protokol ini jadi ujung tombak dari suksesnya muktamar.

"Penampilan dan sikap protokoler yang harus dipahami itu ada 14 hal,Karena baik tidaknya acara itu dilihat dari benar atau tidaknya penempatan peserta ataupun tamu," kata Sabar.

Nantinya, Sabar mengatakan ada 120 petugas protokoler muktamar yang berasal dari pengajar dan karyawan. Bahkan ada guru besar hingga dosen-dosen baru.

"Setiap Minggu kami up date perkembangan terus. Banyak sekali person yang ingin jadi protokoler sebenarnya," kata Sabar.

Sejumlah agenda telah menanti kiprah anggota seksi penerima tamu/protokoler muktamar. Mulai dari apel kesiapsiagaan pada 2 Oktober 2022, malam Mangayubagyo pada tanggal 18 November. 

Kemudian ada juga pengajian akbar, pembukaan muktamar pada tanggal 19 serta sidang Tanwir dan sidang Muktamar pada tanggal 18,19 dan 30 November 2022. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement