Rabu 28 Sep 2022 00:08 WIB

Kominfo Gunakan Indonesia.go.id Jadi Saluran Akses Informasi

Kemenkominfo menggunakan indonesia.go.id menjadi saluran akses informasi.

Dimas Aditya Nugraha, Perwakilan Kominfo Newsroom memberikan pidato dalam kegiatan Indonesia.go.id Menyapa, yang diselenggarakan di Padang, Sumatra Barat, Kamis (22/9). Kemenkominfo menggunakan indonesia.go.id menjadi saluran akses informasi.
Foto: Istimewa
Dimas Aditya Nugraha, Perwakilan Kominfo Newsroom memberikan pidato dalam kegiatan Indonesia.go.id Menyapa, yang diselenggarakan di Padang, Sumatra Barat, Kamis (22/9). Kemenkominfo menggunakan indonesia.go.id menjadi saluran akses informasi.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah memiliki kewajiban untuk menyediakan dan membuka akses informasi publik seluas-luasnya kepada masyarakat. Selain merupakan amanat Undang-Undang Keterbukaan Informasi, masyarakat Indonesia di manapun berada berhak mendapatkan informasi.

Dimas Aditya Nugraha selaku perwakilan Kominfo Newsroom, dalam kegiatan Indonesia.go.id Menyapa, yang diselenggarakan di Padang, Kamis (22/9) lalu mengatakan, pemerintah menghadapi tantangan yang terus berkembang dalam penyampaian informasi. Pada awal era reformasi, semua orang bebas menyebarkan informasi.

"Sehingga tantangan pemerintah pada saat itu masih mencari bentuk sistem komunikasi agar informasi dapat menjangkau seluruh masyarakat Indonesia," kata Dimas dalam rilisnya, Selasa (27/9/2022).

Saat ini, media sosial telah menjadi pilar kelima dalam demokrasi. Tantangan pemerintah dalam penyebaran informasi semakin beragam. “Dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, pemerintah tidak hanya berhadapan dengan media mainstream tetapi juga konten kreator. Bahkan akibat banjirnya informasi, hoaks dan misinformasi juga menjadi tantangan di era transformasi digital,” jelas Dimas.

 

Dimas juga menjelaskan situs pemerintah masih menjadi pilihan masyarakat untuk mencari informasi meskipun bukan yang utama. Maka ada banyak cara yang digunakan pemerintah untuk menyampaikan informasi, salah satunya melalui portal Indonesia.go.id.

“Kominfo newsroom memanfaatkan banya platform baik media online, media sosial, konten berbentuk audio visual, TV, bahkan media cetak untuk menjangkau masyarakat di daerah terpencil yang disebar melalui perpustakaan keliling,” kata Dimas lagi.

Sementara itu, Elvira Inda Sari, Redaktur Perlaksana Indonesia.go.id sekaligus narasumber kegiatan ini menjelaskan bahwa portal Indonesia.go.id adalah portal resmi Indonesia.

Portal yang dahulu dikelola oleh Kementerian Sekretaris Negara ini, kini telah dikelola oleh Kementerian Kominfo sejak Desember 2018. Portal Indonesia.go.id menempatkan diri sebagai beranda Indonesia. Semua informasi yang merangkum seperti apa Indonesia dirangkum di portal ini.

“Indonesia.go.id mengiformasikan kebijakan pemerintah secara komprehensif. Mencoba membahasakan kebijakan pemerintah dengan bahasa yang mudah-mudahan bisa dimengerti oleh masyarakat luas,” kata Elvira.

Pada kesempatan tersebut, Elvira juga mengajak para peserta yang merupakan mahasiswa ilmu komunikasi di Kota Padang untuk menjadi kontributor portal Indonesia.go.id dengan memberikan konten-konten positif yang diharapkan akan memberikan perbaikan kepada wajah baru Indonesia.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement