Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

Beragam Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Merawat Lansia di Rumah

Selasa 27 Sep 2022 20:18 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Merawat lansia (ilustrasi). Jangan mudah marah atau berbicara kasar dengan lansia.

Merawat lansia (ilustrasi). Jangan mudah marah atau berbicara kasar dengan lansia.

Foto: www.freepik.com.
Orang yang merawat harus berperilaku lembut kepada lansia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merawat orang tua atau keluarga yang sudah masuk kelompok lanjut usia (lansia) bukan hal yang mudah. Terkadang, beberapa orang kewalahan saat merawat lansia di rumah karena beberapa alasan.

Dokter penyakit dalam konsultan geriatri Probosuseno mengungkap kesalahan umum yang sering terjadi saat merawat lansia. Geriatri merupakan cabang ilmu kedokteran yang mempelajari keadaan fisiologis dan penyakit yang berhubungan dengan lansia.

Baca Juga

"Kesalahan yang paling sering terjadi misalnya marah, tidak sabar, bicara kasar, atau tidak membersihkan tinja dan kencing lansia yang dirawat dengan benar," kata dr Probosuseno pada webinar "Cerdas dan Bahagia Merawat Orang Tua" yang digagas Griya Sehat Megafitrus (GSM), dikutip Selasa (27/9/2022).

Dr Probosuseno mengimbau caregiver atau orang yang merawat dan mendampingi lansia bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Pasalnya, merawat lansia bisa menjadi perawatan jangka panjang dan berlangsung sepanjang hayat.

Ada kalanya lansia bisa rewel atau mengucapkan kata-kata yang menyakiti hati tanpa disadari. Caregiver sebaiknya tidak terpancing untuk melakukan hal sama, melainkan mencermati apa yang jadi penyebabnya.

Bisa jadi lansia "mengamuk" akibat lapar, kesepian, kedinginan, atau hal lain yang tidak bisa diungkapkan. Ada kalanya caregiver perlu mengalah dan menuruti kemauan lansia, menggunakan nada lembut layaknya merawat bayi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA