Selasa 27 Sep 2022 16:00 WIB

Aturan Baru Soal Pemain Ini akan Pengaruhi Kekuatan Klub-Klub IBL Musim Depan

Para pemain ini sudah melalui pembinaan bakat.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pebasket Pacific Caesar Surabaya berselebrasi usai mengalahkan Satya Wacana Salatiga dalam pertandingan lanjutan Indonesian Basketball League (IBL) 2022 di Hall Basket Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (5/3/2022). Pacific Caesar Surabaya mengalahkan Satya Wacana Salatiga dengan skor 74-67.
Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Pebasket Pacific Caesar Surabaya berselebrasi usai mengalahkan Satya Wacana Salatiga dalam pertandingan lanjutan Indonesian Basketball League (IBL) 2022 di Hall Basket Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (5/3/2022). Pacific Caesar Surabaya mengalahkan Satya Wacana Salatiga dengan skor 74-67.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- IBL telah melakuan pemanduan bakat alias scouting pada para pemain muda yang akan mengikuti IBL Rookie Combine 2022. Selain itu juga ada pemain rekomendasi yang diusulkan oleh klub-klub sebagaimana pada pelaksanaan IBL Rookie Combine sebelumnya. 

“Namun tahun ini, satu klub hanya boleh mendaftarkan satu pemain rekomendasi. Pemain rekomendasi tersebut terdiri dari pemain yang memang telah dibina oleh klub sejak jenjang sebelumnya (regenerasi) dan ada juga terdiri dari pemain hasil pantauan masing-masing klub yang dinilai sesuai dengan kebutuhan tim dan dapat direkomendasikan secara langsung,” kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, dilansir pada Selasa (27/9/2022).

Baca Juga

Daftar pemain rekomendasi pertama muncul ketika saat itu akan menghadapi musim kompetisi IBL 2020 dan ikut sertanya Tim Nasional berkompetisi menggunakan pemain-pemain terbaik IBL sehingga klub membutuhkan pemain tambahan dan pengganti secara langsung.

“Keputusan bersama diambil saat itu untuk pemenuhan klub mencari pemain dan juga pemain yang telah dilatih sejak jenjang sebelumnya di klub terkait untuk bisa berkompetisi diajang yang lebih tinggi. Saat itu masih dikenal dengan istilah pemain binaan,” ujar Junas.

Untuk IBL Rookie Combine 2022 di Days Hotel & Suites by Wyndham, Tangerang serta  Aim High Stadium, Tangerang sejumlah pemain rekomendasi yang ikut serta adalah Hilario Echo Hondo, Gede Elgi Wimbardi, Muhammad Rizki Ari Daffa Dewangsa, Daniel Salamena, Jordan Oei, Aven Ryan Pratama, Aldy Izzatur Rahman, Karl Patrick Utiarahman, Julian Alexandre Chalias, Yehezkiel Mahesvara, Andrew William Lensun dan Harits Prasidya Widyadana.

Mereka bergabung bersama 20 pemain lainnya dan digembleng di lapangan oleh pelati-pelatih andal diantaranya : Amin Prihantono, Andrie Ekayana, Wahyu Widayat Jati, Andi Poedjakesuma dan Johannis Winar. Pada sesi kelas Amin juga menjadi pemateri selain Andovi da Lopez, Ariel Tigor Binafsihi, dan Raul Romero.

 

 

Peserta IBL Rookie Combine 2022

Rekomendasi

1 Hilario Echo Hondo (Jawa Barat)

2 Gede Elgi Wimbardi (Bali)

3 Muhammad Rizky Ari Daffa Dewangsa (Lampung)

4 Daniel Salamena (Jawa Timur)

5 Aven Ryan Pratama (Jawa Timur)

6 Aldy Izzatur Rahman (DKI Jakarta)

7 Karl Patrick Utiarahman 

8 Jordan Oei (Jawa Timur)

9 Yehezekiel Mahesvara (Bangka Belitung)

10 Andrew William Lenshun (Sulawesi Utara)

12 Haris  Prasidya Widyadana (DKI Jakarta)

 

 

Scouting Tim Pelatih:

1 Calvin Yeremias Biyantaka (Kalimantan Barat)

2  Ryan Mauliza T (Sumatera Utara) 

3 Willy (Sumatera Utara)

4 Muhammad ghozaly (Sumatera Utara)

5 Frederico Nathaniel Darmawan (Jawa Tengah)

6 Aldi Sutrisno Djaswadi (Jawa Timur)

7 Muhammad Rafle Fadhal (Jakarta Selatan) 8 Ignatio Galih Brahmana (Bangka Belitung)

9 Faishal Luqmanul Hakim (Jawa Barat)

10 Victor Jacob Emillio Lobbu (Sulawesi Utara)

11 Yohanes Aristakhus ( Jawa Barat)

12 Qiflian Ovalino Arrazza Asmara (Jawa Tengah)

13 Sultan Prawira (DKI Jakarta)

14 Matthew Sebastian Samsi (Kalimantan Timur)

15 Franzisiyo Tjong (Kalimantan Barat)

16 Rezki Abdillah M Ali (Maluku Utara)

17 Danny James ( Sulawesi Utara)

18 Yusuf Ammar ( Jawa Timur)

19 Jerriel Rhemaldy (Jawa Timur)

20 Dennis Lasapu (Sulawesi Selatan)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement