Selasa 27 Sep 2022 15:15 WIB

Jambi Gencarkan Program 1 Hafidz 1 Desa

Diharapkan makin banyak anak muda yang punya ilmu dan akhlak yang mulia.

Pekerja membersihkan bagian dalam Masjid Agung Al-Falah atau Masjid Seribu Tiang, Jambi, Rabu (21/4/2021). Jambi Gencarkan Program 1 Hafidz 1 Desa
Foto: Antara/Wahdi Septiawan
Pekerja membersihkan bagian dalam Masjid Agung Al-Falah atau Masjid Seribu Tiang, Jambi, Rabu (21/4/2021). Jambi Gencarkan Program 1 Hafidz 1 Desa

REPUBLIKA.CO.ID, MUARATEBO -- Gubernur Jambi Al Haris menginspirasi para pelajar di Kabupaten Tebo untuk menjadi anak muda yang berilmu serta berakhlak mulia melalui program 1 Hafidz 1 Desa.

"Kita tidak ingin nantinya meninggalkan generasi muda yang tidak punya ilmu agama," kata Haris pada kegiatan safari subuh bersama pelajar SLTA se-Kabupaten Tebo di Masjid Agung Al-Ittihad Muara Tebo, Selasa (27/9/2022).

Baca Juga

Ia berharap hari ini dan ke depan makin banyak anak muda yang punya ilmu dan akhlak yang mulia. Ia meminta anak-anak muda menghiasi dan beraktivitas menempa ilmu agama di masjid-masjid yang ada di Jambi.

Ia mengatakan tidak ingin kehadiran masjid besar, namun tidak ada jamaahnya sehingga selalu kosong. "Saat ini banyak masjid besar, megah, tapi jamaahnya hanya beberapa orang. Mulai hari ini, ayo kita hiasi masjid-masjid kita ini dengan anak-anak muda yang punya ilmu dan akhlak yang mulia," katanya.

Program 1 Hafidz 1 Desa yang merupakan salah satu program unggulan Pemprov Jambi di bawah kepemimpinan Haris dan Wagub Abdullah Sani. Program ini terus digencarkan ke seluruh pelosok Provinsi Jambi.

"Program 1 Hafidz 1 Desa ini bertujuan agar nantinya minimal ada satu cikal bakal imam masjid yang hafidz Alquran," katanya.

Sementara itu, peluncuran gerakan subuh berjamaah di Kabupaten Tebo itu ditutup dengan penyerahan bantuan kepada masyarakat tidak mampu dan sarapan bersama pelajar. Kegiatan sarapan bersama pelajar merupakan bagian dari edukasi kepada generasi muda khususnya yang Muslim untuk membiasakan diri shalat subuh berjamaah di masjid lingkungan masing-masing.

Setelah menggelar subuh berjamaah dan siraman rohani selanjutnya gubernur dan para pelajar menyantap makanan sarapan yang telah disiapkan. Kegiatan serupa juga dilakukan Gubernur Haris dalam setiap kegiatan di daerah lainnya.

Tak hanya para pemuda dan pelajar, kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Haris saat kunjungan ke daerah itu juga diikuti para pejabat, ASN serta masyarakat di daerah itu. Hadir pula pada kesempatan itu Penjabat Bupati Tebo Aspan dan jajarannya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement