Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Perbasi Siapkan Stok Pemain Muda untuk Regenerasi Timnas

Selasa 27 Sep 2022 05:55 WIB

Red: Israr Itah

Sebagian pemain muda hasil seleksi PP Perbasi (ilustrasi).

Sebagian pemain muda hasil seleksi PP Perbasi (ilustrasi).

Foto: PP Perbasi
Perbasi saat ini memiliki setidaknya 75 pemain muda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) terus mempersiapkan para pemain muda sebagai upaya regenerasi dan membangun kekuatan tim nasional bola basket Indonesia pada masa mendatang. Perbasi saat ini memiliki setidaknya 75 pemain muda, dengan 20 di antaranya telah dipanggil masuk training center (TC) di GBK Arena, Jakarta sejak 12 September lalu.

Federasi juga telah memanggil 50 pemain hasil seleksi nasional di 10 provinsi yang dilakukan Perbasi sejak 9 Agustus hingga 6 September. Sebanyak 13 pemain muda di antaranya merupakan pemain klub peserta Liga Bola Basket Indonesia (IBL) serta peserta Seleksi Nasional Indonesia Patriots. Mereka juga sudah mulai berlatih secara terpisah di GBK Arena sejak 18 September.

Baca Juga

Pelatih tim nasional Indonesia Milos Pejic mengatakan, para pemain tersebut dipersiapkan untuk memperkuat timnas kelompok umur U-18, timnas elite muda Indonesia Patriots, hingga timnas senior. Menurut dia, para pemain muda itu memiliki kualitas yang cukup mumpuni tapi masih perlu jam terbang.

"Kami melakukan seleksi untuk pemain muda. Kami mencari pemain terbaik dari seluruh Indonesia untuk membentuk tim U-18, tim Indonesia Patriots, dan timnas senior," ujar Pejic dikutip laman resmi Perbasi, Senin (27/9/2022).

"Ini pekerjaan yang tidak mudah. Namun saya senang dengan ini. Kami melihat organisasi permainan bagus, fisik, dan penampilan mereka juga bagus. Mereka telah siap bekerja keras untuk ini," kata Pejic menambahkan.

Manajer timnas bola basket putra Indonesia Jeremy Imanuel Santoso menambahkan proses yang dilakukan kali ini baru hanya tahapan awal dalam pembentukan timnas.

"Ini persiapan awal. Pemain muda ini kami persiapkan untuk regenerasi," ujarnya.

Tahap pertama TC akan berlangsung sampai Desember nanti. Namun untuk kepentingan program timnas, Perbasi akan kembali melakukan seleksi. Dari 20 pemain yang tengah mengikuti TC di Jakarta hanya akan ada 15 pemain yang dipilih untuk mengikuti pelatihan di Las Vegas.

"Untuk pengerucutan 15 nama ini akan dilakukan tanggal 29 September. Kami akan berangkat ke Las Vegas setelah pengurusan visa selesai," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA