Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

Private Cloud Lintas Perangkat Dukung Transformasi Digital di Berbagai Industri

Selasa 27 Sep 2022 02:42 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Penyedia infrastruktur data center dan layanan kolokasi di Indonesia, Biznet berkolaborasi dengan Merkle Innovation untuk meluncurkan solusi implementasi infrastruktur private cloud yang menyasar transformasi digital berbagai industri.

Penyedia infrastruktur data center dan layanan kolokasi di Indonesia, Biznet berkolaborasi dengan Merkle Innovation untuk meluncurkan solusi implementasi infrastruktur private cloud yang menyasar transformasi digital berbagai industri.

Foto: Dok. Web
Kolaborasi ini bertujuan menghadirkan ekosistem infrastruktur digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyedia infrastruktur data center dan layanan kolokasi di Indonesia, Biznet berkolaborasi dengan Merkle Innovation untuk meluncurkan solusi implementasi infrastruktur private cloud yang menyasar transformasi digital berbagai industri. Kolaborasi ini bertujuan menghadirkan ekosistem infrastruktur digital yang terintegrasi dengan berbagai fasilitas, khususnya memberikan kemudahan untuk implementasi sistem cloud mandiri atau private cloud. Mulai dari perencanaan dan pengadaan perangkat, dukungan ketersediaan lokasi pusat data, serta terintegrasi dengan platform cloud yang mengedepankan efisiensi sumber daya maupun anggaran. 

Melalui kolaborasi dengan Merkle Innovation, Biznet Data Center mendorong satu fitur terdepan untuk layanan Data Center di Indonesia yang menawarkan fasilitas pengadaan perangkat secara cepat dan terintegrasi. Menurut Direktur Biznet Data Center, Dondy Bappedyanto, hal ini guna mendukung perencanaan aset dan teknologi di sisi pelanggan yakni fitur solusi private cloud dengan skema implementasi perangkat di Data Center dengan manajemen cloud terkonfigurasi dan berskalabilitas tinggi.

Baca Juga

"Kemudian, skema implementasi perangkat cloud sesuai kustomisasi yang diinginkan lengkap dengan fasilitas pengaturan sumber daya komputasi mandiri," ujar dia di Jakarta, Senin (26/9/2022).

Lalu terakhir, skema implementasi hybrid cloud yang memungkinkan integrasi langsung lintas infrastruktur private cloud di data center (off-premise) dengan perangkat server di sisi pelanggan (on-premise).

“Kami berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan transformasi digital dengan mengedepankan fleksibilitas teknologi. Kerja sama ini merupakan bagian dari ekosistem data center yang kami tawarkan kepada industri, di mana pelanggan data center dapat terakomodasi dengan cepat saat ingin memiliki sistem cloud mandiri dengan fasilitas end-to-end tanpa waktu tunggu lama," ujar dia.

Ia mengatakan, teknologi yang diusung bersama Merkle Innovation, adalah kemudahan untuk memiliki infrastruktur sendiri dengan teknologi cloud computing yang sudah terpasang beserta dengan manajemennya. Merkle Innovation merupakan implementator yang bekerja sama dengan ZStack International Information Technologies Limited untuk menghadirkan fitur  pengelolaan multi cloud dengan tampilan antar muka atau UI (User Interface).

Merkle bersama ZStack mengimplementasikan private cloud dan hybrid cloud dalam waktu singkat dengan ketersediaan sumber daya teknologi yang lengkap. 

“Kerja sama strategis ini akan semakin memperkuat misi kami untuk mendukung percepatan transformasi digital di Indonesia. Pintu lebar juga semakin terbuka untuk percepatan adopsi cloud di berbagai industri yang didukung Data Center di Indonesia, fasilitas pengadaan perangkat server, termasuk ketersediaan rancangan arsitektur, platform, serta manpower yang memiliki skill khusus. Bersama dengan Biznet dan ZStack kami siap merancang nilai bisnis tinggi kepada para customer dan mengawal seluruh perjalanan cloud mereka” ujar ujar Founder Merkle Innovation Ricky Utomo.

ZStack sendiri merupakan platform virtualisasi dan orkestrasi cloud yang menyediakan unified management bagi infrastruktur dengan rancangan cloud computing. Kekuatan utama dari ZStack berada pada ekosistemnya yang terbuka dan fleksibel untuk mengakomodasi beragam skenario baik private cloud maupun hybrid cloud. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA