Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Mazda Bakal Hentikan Produksi Mobil di Rusia

Ahad 25 Sep 2022 13:55 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nidia Zuraya

Mazda Motor Corp Jepang berencana menghentikan produksi mobil di perusahaan patungan dengan Rusia di Vladivostok, Rusia.

Mazda Motor Corp Jepang berencana menghentikan produksi mobil di perusahaan patungan dengan Rusia di Vladivostok, Rusia.

Foto: .
Mazda telah menjual 30 ribu mobil di Rusia tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Mazda Motor Corp Jepang berencana menghentikan produksi mobil di perusahaan patungan dengan Rusia di Vladivostok, Rusia. Surat kabar Jepang, Nikkei, melaporkan ekspor suku cadang ke pabrik akan berakhir dan produksi akan berhenti ketika stok habis.

Mazda yang telah menjual 30 ribu mobil di Rusia tahun lalu, sejauh ini belum membuat keputusan tentang mengakhiri penjualan mobil dan operasi pemeliharaan di Rusia. Nikkei menyebut belum ada jangka waktu untuk menghentikan produksi di pabrik Vladivostok. Meski begitu, juru bicara Mazda belum memberikan pernyataan mengenai rencana perusahaan.

Baca Juga

Di sisi lain, kompetitor Mazda, Toyota Motor Corp mengatakan telah memutuskan untuk mengakhiri produksi kendaraan di Rusia. Hal ini tak lepas akibat gangguan pasokan bahan dan suku cadang utama.

"Banyak pabrik di Rusia telah menangguhkan produksi dan cuti pekerja lantaran kekurangan peralatan berteknologi tinggi karena sanksi dan eksodus pabrikan Barat sejak Rusia mengirim angkatan bersenjata ke Ukraina pada 24 Februari," tulis laporan Nikkei seperti dilansir Reuters pada Ahad (25/9/2022).

 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA