Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Kalsel Turunkan 53 Qari dan Qariah di MTQ Nasional ke-29

Jumat 23 Sep 2022 22:17 WIB

Red: Agung Sasongko

Suasana lomba MTQ (ilustrasi).

Suasana lomba MTQ (ilustrasi).

Foto: Republika/Agung Supri/c
Para qori dan qoriah terus ditempa bakat dan pengetahuannya untuk tampil maksimal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tuan rumah Provinsi Kalimantan Selatan menurunkan sebanyak 53 qori dan qoriah pada Musabaqoh Tilawatil Qur?an (MTQ) Nasional ke-29 yang digelar pada 10--19 Oktober 2022.

Menurut Sekretaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi Kalsel Ahmad Bugdadi di Banjarmasin, Jumat, para qori dan qoriah terus ditempa bakat dan pengetahuannya untuk bisa tampil maksimal dan berprestasi.

Baca Juga

"Seluruh cabang lomba di MTQ nasional diikuti peserta qori dan qoriah dari Kalsel," ujarnya.

Ada sebanyak 12 cabang lomba pada MTQ nasional ini, dengan setiap cabang ada beberapa kategori perlombaan."Hanya kategori tafsir bahasa Arab untuk putri provinsi kita tidak ikut," ucap Bugdadi.

Menurut dia, sebagian qori dan qoriah Kalsel diberikan fasilitas untuk pemusatan latihan ke luar daerah guna mematangkan bakat dan pengetahuan.

"Sebelum nantinya mengikuti karantina jelang perlombaan," tuturnya.

Pihaknya optimis, Kalsel bisa masuk tiga besar juara MTQ Nasional ke-29 tahun 2022, dengan talenta qori dan qoriah yang dimiliki saat ini.

"Memang saingan berat itu dari Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur, termasuk dari daerah Sumatera dan Sulawesi, tapi kita bertekad bisa juara umum," ujarnya.

Bugdadi menyampaikan, kesiapan semua kafilah Kalsel untuk menyukseskan gelaran MTQ Nasional di provinsi tersebut, yakni, dengan menjadi tuan rumah yang ingin menjalin persahabatan dan sportivitas bagi semua peserta yang datang dari penjuru Nusantara.

Kalsel kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ nasional setelah lebih 50 tahun, pertama menjadi tuan rumah pada tahun 1970. Gelar MTQ Nasional ke-29 di Provinsi Kalimantan Selatan telah diluncurkan Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa?adi pada 25 Agustus 2022.

Pembukaan MTQ Nasional ke-29 yang dijadwalkan dihadiri Presiden RI Ir H Joko Widodo bertempat di Objek Wisata Alam Kiram Park di Kabupaten Banjar.

Adapun venue perlombaan MTQ Nasional ke-29 tersebar di tiga daerah, yakni, Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

Venue utama di Kiram Park, Masjid Agung Al-Karomah Martapura Kabupaten Banjar, Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan Kabupaten Banjar, Masjid Nurul Iman Kota Banjarbaru, aula serba guna Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Selanjutnya di Masjid Jami Banjarmasin, perkantoran Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru, Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru, auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Institut Agama Islam Martapura Kabupaten Banjar, dan Madrasah Tahfiz Darussalam Martapura Kabupaten Banjar.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA