Sabtu 24 Sep 2022 00:15 WIB

Nasihat Nabi Muhammad SAW untuk Kaum Muda

Nabi Muhammad memberi banyak orang muda pekerjaan dengan tanggung jawab besar.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Nabi Muhammad (ilustrasi).  Nasihat Nabi Muhammad SAW untuk Kaum Muda
Foto: Dok Republika
Nabi Muhammad (ilustrasi).  Nasihat Nabi Muhammad SAW untuk Kaum Muda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak yang berkata generasi muda masa kini hanya peduli pada diri mereka sendiri. Mereka tidak menghormati orang tua atau masyarakat, hingga perilaku buruk lain.

Sebenarnya keluhan generasi dengan moral buruk telah dikatakan pada abad ke-11 oleh M Petrus, sang pertapa, mengatakan sesuatu yang sangat mirip:

Baca Juga

“Dunia sedang melewati masa-masa sulit. Orang-orang muda saat ini tidak memikirkan apa pun kecuali diri mereka sendiri. Mereka tidak memiliki rasa hormat kepada orang tua atau usia tua. Mereka tidak sabar dari semua pengekangan. Dan mereka berbicara seolah-olah mereka tahu segalanya, dan apa yang dianggap bijaksana bagi kita adalah kebodohan bagi mereka."

"Adapun gadis-gadis, mereka maju, tidak sopan dan tidak sopan dalam ucapan, perilaku, dan pakaian,”

Bahkan lebih jauh ke belakang, filsuf Yunani Socrates, (470-399 sebelum masehi) mengeluh tentang pemuda yang mengatakan:

“Anak-anak sekarang menyukai kemewahan. Mereka memiliki perilaku buruk, penghinaan terhadap otoritas; mereka menunjukkan rasa tidak hormat kepada orang yang lebih tua dan suka mengobrol di tempat olahraga.”

Jadi, tampaknya kaum muda kita tidak banyak berubah bahkan selama ribuan tahun. Namun, para pemuda memang memiliki kualitas lain selain dari rasa tidak hormat yang mereka rasakan. Mereka juga penuh harapan, energik, idealis, siap menerima perubahan, dan ingin meninggalkan jejak mereka di dunia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement