Thursday, 11 Rajab 1444 / 02 February 2023

Azyumardi Azra Sering Memberi 'Nasihat' untuk Jusuf Kalla

Rabu 21 Sep 2022 19:49 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Hafil

 Azyumardi Azra Sering Memberi 'Nasihat' untuk Jusuf Kalla. Foto:  Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (kanan) bersama Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo (kedua kiri) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kedua kanan) saat menghadiri upacara pemakaman Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Selasa (20/9/2022). Mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut meninggal dunia pada hari Ahad (18/9/2022) setelah menjalani perawatan di rumah sakit Serdang, Selangor Malaysia. Azyumardi Azra meninggal di usia 67 tahun. Republika/Thoudy Badai

Azyumardi Azra Sering Memberi 'Nasihat' untuk Jusuf Kalla. Foto: Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (kanan) bersama Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo (kedua kiri) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kedua kanan) saat menghadiri upacara pemakaman Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Selasa (20/9/2022). Mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut meninggal dunia pada hari Ahad (18/9/2022) setelah menjalani perawatan di rumah sakit Serdang, Selangor Malaysia. Azyumardi Azra meninggal di usia 67 tahun. Republika/Thoudy Badai

Foto: Republika/Thoudy Badai
Jusuf Kalla mengenang Azyumardi Azra.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, mengaku kehilangan tokoh yang turut dikenal sebagai cendekiawan, akademisi, penulis sekaligus wartawan tersebut. JK turut mengenang sosok Azra yang 10 tahun menemaninya di Kantor Wakil Presiden RI.

Ia mengungkapkan, walaupun sudah diminta tidak perlu terlalu sering datang, Azra bersikukuh untuk selalu menyampaikan masukan-masukan kepada JK secara langsung. Bahkan, waktu makan siang jadi momen menyenangkan yang selalu dikenang JK.

Baca Juga

"Mungkin kami di Kantor Wapres yang paling sering bertemu, makan siang bersama karena ada kebiasaan makan siang seluruh staf itu bersama, jadi 10 orang selalu bersama, dan almarhum tiap pekan pasti hadir menyampaikan hal-hal yang perlu," kata JK.

Mewakili keluarga, Firman El Amny Azra yang merupakan putra Prof Azyumardi Azra, berkesempatan menyampaikan keteladanan, pemikiran dan cara pandang dari Sang Ayah. Termasuk, tentang spirit kemuhamadiyahan Azra yang dirasa sangat kuat.

Hal ini, kata Amny, yang membuat keluarga maupun anak-anak Azra banyak mengikuti pemikiran Muhammadiyah. Integritas jadi salah satu prinsip Prof Azra yang Amny teladani, yang diwujudkan dengan keberanian untuk memegang satu pemikiran.

"Yang mungkin ditentang banyak orang tetap dilaksanakan karena percaya terhadap pemikiran yang dipegang tersebut," ujar Amny.

Misalnya, tidak lain gagasan Azra yang beberapa tahun lalu ingin mengubah IAIN menjadi UIN, yang mendapat banyak pertentangan, termasuk IAIN sendiri. Tapi, Azra tidak gentar menerima begitu banyak penolakan, teguh terhadap prinsip.

Contoh lain, ia menambahkan, sosok Azra yang walaupun dihormati banyak orang, tetap menjadi pribadi yang sangat sederhana. Bahkan, sampai akhir hayatnya, Azra merupakan orang yang mudah dimintakan pandangan maupun dimintakan pertolongan.

 

"Dengan kesederhanaan itu bisa jadi sumber inspirasi banyak orang, bisa membuat orang lain dekat dengan beliau," kata Amny. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA