Selasa 20 Sep 2022 11:55 WIB

5 Cara Seimbangkan Kadar Gula Darah

Pada penderita diabetes, kadar gula darah harus dikendalikan cegah komplikasi.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah
Pada penderita diabetes, kadar gula darah harus dikendalikan cegah komplikasi.
Foto: www.freepik.com.
Pada penderita diabetes, kadar gula darah harus dikendalikan cegah komplikasi.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Lonjakan gula darah terjadi ketika gula sederhana, glukosa, mulai menumpuk di aliran darah. Pada orang yang menderita diabetes, hal ini terjadi karena ketidakmampuan tubuh mereka untuk menggunakan glukosa. Oleh karena itu, jika Anda penderita diabetes, penting untuk menjaga kadar gula darah Anda terkendali untuk membantu mencegah komplikasi kesehatan jangka panjang yang serius seperti penyakit jantung, kehilangan penglihatan dan gangguan ginjal.

Dilansir dari healthshots pada Selasa (20/9/2022), aktivitas fisik dan nutrisi adalah bagian yang sangat penting dari gaya hidup sehat jika Anda menderita diabetes. Juga jika Anda mengikuti rencana makan sehat Anda dapat menjaga kadar glukosa darah Anda seimbang.

Baca Juga

Berikut lima tips terbaik untuk menyeimbangkan gula darah dengan kekuatan nutrisi:

 

 

1. Makanan untuk Menyeimbangkan Kadar Gula

Beberapa makanan dapat membantu meningkatkan kadar gula darah yang stabil, sementara yang lain dapat membuatnya kurang stabil. Dengan melakukan diet seimbang dan menghindari makanan yang kaya gula, karbohidrat sederhana dan lemak jenuh berlebih, seseorang dapat mengontrol kadar gula darah dan insulinnya. Hilangkan makanan karbohidrat sederhana yang tidak dapat Anda seimbangkan dalam makanan Anda.

 

2. Tambahkan Protein

Jenis karbohidrat yang dimakan dan apakah dimakan sendiri dapat membuat perbedaan kadar gula darah. Memiliki makanan yang mengandung protein dapat membantu mengurangi kenaikan kadar gula darah dan menjaganya tetap konstan untuk jangka waktu yang lama. Cobalah untuk menyeimbangkan karbohidrat dengan lemak sehat, protein dan sayuran dalam makanan.

 

3. Makan Buah dan Sayur

Fokus pada gaya hidup sehat daripada hanya diet atau olahraga yang sehat dan makan hanya sebanyak yang dibutuhkan tubuh Anda. Makan buah-buahan, banyak sayuran dan biji-bijian. Pilih produk susu tanpa lemak dan daging tanpa lemak. Batasi makanan yang tinggi lemak dan gula.

 

4. Vitamin B6

Vitamin B6 dapat membantu penderita diabetes untuk menyeimbangkan kadar gula darahnya. Faktanya, para peneliti mengaitkan konsumsi vitamin B2 dan B6 dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

 

5. Hidrasi

Minum cukup air membantu Anda menjaga kadar gula darah Anda dalam rentang yang sehat. Tidak hanya itu, ini mencegah dehidrasi yang membantu ginjal Anda membuang kelebihan gula melalui urin. Minum lebih banyak air secara teratur dapat menurunkan gula darah dan mengurangi risiko diabetes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement