Selasa 20 Sep 2022 09:15 WIB

Jenazah Prof Azyumardi Azra Tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata

Sebelumnya Almarhum Azyumardi Azra disholatkan di UIN Jakarta pukul 08.00 Wib.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Gita Amanda
Jenazah Ketua Dewan Pers dan Guru Besar UIN Jakarta Prof Azyumardi Azra tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Selasa (20/9/2022) pukul 08.30 Wib.
Foto: Meiliza Laveda/Republika
Jenazah Ketua Dewan Pers dan Guru Besar UIN Jakarta Prof Azyumardi Azra tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Selasa (20/9/2022) pukul 08.30 Wib.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jenazah Ketua Dewan Pers dan Guru Besar UIN Jakarta Prof Azyumardi Azra tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Selasa (20/9/2022) pukul 08.30 Wib.

Saat diturunkun dari mobil ambulans, terlihar peti jenazah almarhum diselimuti oleh bendera merah putih. Jenazah dikawal oleh pasukan TNI untuk mengantarnya menuju liang lahat yang ditemani dengan foto almarhum dan bunga.

Baca Juga

Sejumlah sanak saudara ikut hadir mengiri almarhum dari pintu masuk TMP Kalibata. Pasukan TNI membawa almarhum hingga tiba di liang lahat pukul 08.52 Wib sejalan dengan dimulainya upacara pemakaman.

Proses pemakaman dihadiri oleh sejumlah pejabat, di antaranya Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy yang akan menjadi inspektur upacara pemakaman.

Sebelumnya, jenazah tiba di rumah duka di Ciputat Timur, Tangerang Selatan pada Senin (19/9) malam. Mobil ambulans yang membawa almarhum Azyumardi tiba di rumah duka sekitar pukul 23.55 Wib. Jenazah Prof Azra tiba di Bandara Soekarno Hatta pukul 22.40 Wib setelah diberangkatkan dari Malaysia pada pukul 20.45 waktu setempat melalui Bandara Internasional Kuala Lumpur Malaysia. Almarhum disholatkan di UIN Jakarta pukul 08.00 Wib.

Prof Azyumardi diketahui menerima Piagam Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Utama dari mantan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada 9 Agustus 2005. Penghargaan itu diperoleh saat menjabat sebagai Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 

 

Sebelumnya, Prof Azyumardi Azra dikabarkan wafat pada Ahad (18/9/2022) sekira pukul 11.30 WIB atau 12.30 waktu Malaysia. Pihak RS Serdang, Selangor mengonfirmasi bahwa almarhum mengalami kelainan pada jantung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement