Ahad 18 Sep 2022 19:36 WIB

Mempercepat Langkah Saat Berjalan Bagus untuk Kesehatan Otak

Studi mengungkap mempercepat langkah saat berjalan bermanfaat untuk kesehatan otak.

Jalan kaki (Ilustrasi). Mempercepat langkah saat berjalan kaki ternyata bagus untuk kesehatan otak.
Foto: Pexels
Jalan kaki (Ilustrasi). Mempercepat langkah saat berjalan kaki ternyata bagus untuk kesehatan otak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berjalan menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan, termasuk mencegah penurunan kognitif dan penyakit terkait usia lainnya. Jalan kaki dengan lebih cepat setiap hari lebih bagus lagi manfaatnya, menurut studi dalam JAMA Neurology.

Dikutip dari laman Insider pada Ahad (18/9/2022), studi memperlihatkan berjalan 10 ribu langkah sehari ideal untuk meningkatkan kesehatan. Berjalan sedikitnya 3.800 langkah per hari pun sudah memiliki manfaat, namun berjalan lebih cepat tampak lebih bagus lagi untuk kesehatan otak.

Baca Juga

Para peneliti dari University of Sydney melihat data dari 78.430 orang dewasa yang sebagian besar berkulit putih di Inggris, berusia 40-70 tahun. Mereka lalu membandingkan jumlah langkah, kecepatan rata-rata, dan hasil kesehatan selama sekitar tujuh tahun masa tindak lanjut.

Peneliti menemukan untuk setiap 2.000 langkah peserta per hari, rata-rata risiko kematian dini mereka 8-11 persen lebih rendah. Tetapi, berjalan kaki 3.800 langkah sehari memiliki manfaat, khususnya untuk kesehatan otak, mengurangi risiko demensia hingga 25 persen, menurut data.

"Orang yang berjalan sekitar 9.800 langkah per hari memiliki risiko demensia 50 persen lebih rendah," kata peneliti.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement