Wednesday, 10 Rajab 1444 / 01 February 2023

Tanda Pasangan tidak Percaya kepada Anda, Menurut Terapis

Kamis 15 Sep 2022 19:17 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

Tanda pasangan tidak percaya kepada Anda. (ilustrasi)

Tanda pasangan tidak percaya kepada Anda. (ilustrasi)

Foto: www.rawpixel.com
Meski begitu, ada langkah-langkah untuk memperbaiki ketidakpercayaan pasangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepercayaan adalah salah satu aspek terpenting dari hubungan rumah tangga. Tanpa adanya kepercayaan, hubungan antara suami dan istri bisa rusak hingga tidak ada lagi romantisme.

Meski begitu, ada langkah-langkah untuk memperbaiki ketidakpercayaan terhadap pasangan. Berikut tanda dan cara mengatasinya, seperti dikutip dari laman Best Life, beberapa waktu lalu:

Baca Juga

1. Memeriksa ponsel

Pengintaian digital, termasuk melihat melalui pesan teks, catatan telepon, email, DM, atau data lokasi adalah tanda hubungan yang kurang kepercayaan. “Sekarang, ada lebih banyak cara untuk melacak aktivitas dan keberadaan seseorang melalui perangkat yang dimiliki hampir semua orang," kata terapis dan direktur eksekutif di Eddins Counseling, Rachel Eddins.

 

Jika pasangan melakukan ini, ada baiknya melakukan percakapan serius tentang mengapa mereka merasa perlu. Sebab, perilaku tersebut dapat menandakan bahwa mereka sangat tidak mempercayai Anda.

2. Mengajukan pertanyaan lanjutan

Jika pasangan terus-menerus membanjiri dengan pertanyaan tentang keberadaan Anda, kenalan, dan rencana masa depan, mereka bisa melakukannya karena tidak mempercayai Anda atau berpikir kemungkinan selingkuh.

"Misalnya, jika Anda keluar dengan teman-teman, lalu pasangan bertanya 'Di mana kamu? Dengan siapa?' ketika Anda tiba di rumah," kata konselor profesional berlisensi di Neurofeedback & Counseling Center di Harrisburg, Pennsylvania, Amanda Levison. Pasangan juga mungkin kerap menelepon, memastikan lewat teman yang bersama Anda, bahkan mengikuti sampai ke tujuan.

3. Pasangan mencoba menangkap Anda dalam kontradiksi

Terkadang, setelah pasangan Anda menanyakan rentetan pertanyaan itu, mereka akan mencoba menjebak Anda. "Pertanyaan itu seperti, 'Saya pikir Anda akan langsung pulang kerja, tetapi perjalanan itu hanya membutuhkan waktu 15 menit. Ke mana Anda pergi?'" kata konselor profesional berlisensi dengan praktik pribadi di Virginia, Elizabeth Brokamp.

Jika pasangan Anda secara teratur memulai kalimat dengan, 'Saya pikir Anda mengatakan...' perhatikan. Fakta bahwa mereka mencari cara Anda berbohong menandakan mereka berpikir ada sesuatu untuk ditemukan.

4. Tidak nyaman ketika Anda bersosialisasi tanpa mereka

Jika keluar malam dengan teman-teman membuat pasangan Anda gelisah, kemungkinan karena mereka tidak mempercayai Anda sepenuhnya. Jika pasangan bersikeras bersama Anda ketika ingin menghabiskan waktu bersama teman-teman Anda, mereka mungkin kesulitan untuk mempercayai Anda.

“Mereka waspada tentang apa yang terjadi ketika mereka tidak ada," kata seorang konselor kesehatan mental berlisensi, GinaMarie Guarino.

5. Gelisah kalau Anda telat balas pesan

Jika pasangan Anda terus-menerus marah ketika Anda tidak segera menanggapinya, Anda mungkin memiliki beberapa masalah kepercayaan untuk dipecahkan. Orang-orang yang berjuang untuk memercayai pasangannya cenderung dengan cepat mulai bertanya-tanya dan langsung mengambil kesimpulan ketika mereka tidak segera mendengar kabar dari Anda.

Perasaan dan perilaku serta kemarahan yang dihasilkan biasanya tidak masuk akal dan merupakan indikator bahwa kecemasan dan ketidakpercayaan mereka menyebabkan mereka melompat pada kesimpulan sendiri. Bahkan jika mereka tahu bahwa Anda mungkin sibuk atau tidak tersedia saat mereka mengirimi Anda pesan.

Tetapkan batasan dan ekspektasi yang masuk akal seputar komunikasi digital Anda dan lihat bagaimana respons pasangan Anda. Terkadang, hanya diperlukan satu obrolan untuk mengembalikan semuanya ke jalur awal.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA