Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

Video NASA Tunjukan Detail Planet Mars yang Menakjubkan

Kamis 15 Sep 2022 14:57 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah

Video NASA mengeksplorasi mosaik 2,5 miliar piksel yang ditangkap Perseverance.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Antariksa Amerika (NASA) telah merilis video planet Mars yang menunjukkan lanskap dengan detail yang menakjubkan. Rekaman video tersebut mengeksplorasi mosaik 2,5 miliar piksel yang ditangkap oleh Perseverance, penjelajah (rover) NASA yang mendarat di planet merah dengan yang spektakuler pada Februari 2021.

Dilansir dari Digital Trends, Kamis (15/9/2022), ini adalah tampilan paling detail yang pernah dibuat dari planet jauh, dan terdiri dari 1.118 gambar individu ditangkap oleh dua kamera Mastcam-Z dari Perseverance.

Baca Juga

Perlu dicatat bahwa warna telah ditingkatkan untuk meningkatkan kontras visual dan menonjolkan perbedaan warna apa pun. NASA mengatakan bahwa melakukan ini memudahkan tim sainsnya untuk menafsirkan lanskap secara akurat.

Gambar tersebut menunjukkan pemandangan dari tepi delta sungai di dalam Kawah Jezero, yang 3,5 miliar tahun lalu dipenuhi air tetapi pada Rabu (14/9/2022) kosong.

Dalam video tersebut, anggota tim operasi sains Perseverance Rachel Kronyak memberikan komentar tentang panorama yang indah dan sangat detail, menarik perhatian pemirsa ke berbagai tempat menarik yang muncul dari eksplorasi rover sejauh ini.

Mereka termasuk formasi batuan berlapis yang khas di puncak tebing delta setinggi 32 kaki. Kita juga bisa melihat bagaimana beberapa batu ini telah pecah dan jatuh ke dasar.

Perhatikan juga “batu seimbang” yang luar biasa, yang terletak di atas batu yang lebih besar sebagian di atas tebing, serta jejak ban rover sendiri yang melintasi permukaan berdebu di planet ini.

Kronyak menjelaskan bagaimana Perseverance telah mengebor dan menyimpan sampel batuan dengan aman sebagai bagian dari upaya untuk menentukan apakah Mars pernah menampung segala bentuk kehidupan—bagian penting dari misi rover.

Materi yang dikumpulkan akan diambil dan dikembalikan ke Bumi dengan misi lain sehingga para ilmuwan dapat mempelajarinya menggunakan alat analisis canggih, memberi kita gambaran yang lebih jelas tentang apakah kehidupan ada di sana. Terobosan semacam itu dapat membantu kita mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana kehidupan berkembang di Bumi.

Perseverance dibantu selama misinya oleh mesin kecil mirip drone yang disebut Ingenuity. Pada April tahun lalu, mesin tersebut membuat sejarah ketika menjadi pesawat pertama yang mencapai penerbangan terkontrol dan bertenaga di planet lain, dan sejak itu telah melakukan lebih dari 30 penerbangan dengan berbagai kompleksitas.

Gambar udara dari kamera onboard Ingenuity telah membantu tim Perseverance merencanakan rute yang lebih efisien untuk rover berbasis daratnya. Pesawat telah terbukti sukses sehingga para insinyur berencana untuk membangun versi yang lebih maju untuk misi antarplanet di masa depan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA