Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Arab Saudi akan Merilis Robot Pengantar Khutbah Jumat

Selasa 13 Sep 2022 20:49 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil

Arab Saudi akan Merilis Robot Pengantar Khutbah Jumat. Foto: Pintu Abdullah, Masjidil Haram, Arab Saudi.

Arab Saudi akan Merilis Robot Pengantar Khutbah Jumat. Foto: Pintu Abdullah, Masjidil Haram, Arab Saudi.

Foto: Dok Madain Project
Robot pengantar khutbah Jumat akan diluncurkan Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Kerajaan Arab Saudi, dalam rencana terbarunya akan mengandalkan kecerdasan buatan untuk melayani pengunjung dan jamaah sholat Jumat. Kerajaan akan meluncurkan robot untuk membaca Alqur’an, khutbah dan adzan di Masjidil Haram di Makkah.

Dilansir dari Siasat pada Senin (12/9/2022), robot tersebut bertujuan untuk menyampaikan pesan para imam dan muazin Masjidil Haram kepada para peziarah dengan menggunakan teknologi modern dalam melayani para peziarah.

Baca Juga

Presiden Umum Dua Masjid Suci, Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais mengatakan, robot baru ini hadir dalam proyek kampus pintar sesuai Visi 2030 dan Rencana Strategis Presiden 2024, yang bertujuan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pengunjung di dua masjid suci.

Dalam beberapa bulan terakhir, Kepresidenan Dua Masjid Suci meluncurkan beberapa robot pintar, termasuk robot desinfeksi dan sterilisasi, robot Farwas, dan robot pembersih permukaan Ka'bah.

Bahkan kerajaan juga mengeluarkan robot yang khusus diperuntukkan mendistribusikan air zamzam dalam kemasan kepada para jamaah haji. Robot tersebut akan berkeliling Masjidil Harom untuk membagikan botol air zamzam.

Sumber:

https://www.siasat.com/saudi-arabia-robots-to-deliver-sermons-adhan-at-makkahs-grand-mosque-2409921/

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA