Selasa 13 Sep 2022 19:50 WIB

Rihlah Ibnu Jubair Gambarkan Dunia Mediterania Timur

Rihlah Ibnu Jubair ungkap kerumitan interaksi antara peradaban Timur dan Barat

Rihlah Ibnu Jubair (Ilustrasi)
Foto: MgIt03
Rihlah Ibnu Jubair (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kisah epik Ibnu Jubair itu merupakan salah satu warisan yang paling berharga tentang dunia Mediterania Timur pada akhir abad ke- 12. Dengan gaya penulisan yang ringkas, Rihlah Ibnu Jubair juga diselipi dengan ayat-ayat Alquran, doa-doa singkat, dan sajak-sajak puisi.

Ibnu Jubair juga menyampaikan pesan terselubung tentang tanah-tanah yang dilaluinya. Ia dengan secara perinci meng gam barkan kota, desa, dan pasar. Deskripsi lengkapnya tentang masjid, makam, dan monumen lainnya juga masih sangat mem bantu para arkeolog dan sejarawan seni saat ini.

Baca Juga

Rihalah Ibnu Jubair juga menggambarkan ketakutan yang dirasakan para musafir di sepanjang rute laut dan darat pada zamannya. Dia menulis, misalnya, tentang ketidakberdayaan seorang musafir dalam menghadapi perompak dan perwira-perwira yang tamak, pedagang yang korup, dan penipu dari seluruh penjuru dunia, serta suku Kurdi, Arab, dan Beja yang selalu siap me nyerang dan merampok rombongan peziarah.

Selain itu, Rihlah Ibnu Jubair juga membantu para pembaca modern dalam memahami kerumitan interaksi antara peradab an Timur dan Barat atau Islam dan Kristen. Ibnu Jubair menjelaskan bagaimana kedua peradaban ini pertama kali berkonflik, kemu dian belajar untuk menerima satu sama lain dan akhirnya hidup berdampingan dengan penuh kepedulian.

 

sumber : Dialog Jumat
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement