Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image irman muhammad ridwan

Mendalami Tentang Alam dan Pembagiannya

Agama | Sunday, 11 Sep 2022, 21:44 WIB
Mendalami Tentang Alam dan Pembagiannya

Mendalami Alam dan Pembagiannya

Alam merupakan makhluk Allah SWT atau seluruh Ciptaan Allah SWT baik yang ada dilangit atau dibumi. Makhluk adalah ciptaan Allah SWT sementara Allah SWT sebagai Khalik yaitu pencipta seluruh makhluk yang diciptakannya, ternyata Alam atau makhluk Allah SWT ada bagiannya dan simaklah penjelasan di bawah ini.

Mengutip Wikipedia Alam mempunyai makna setara dengan dunia alam, dunia fisik, atau dunia materi. Skala alam terbentang dari sub atomik sampai kosmik. Studi tentang alam adalah bagian besar dari ilmu pengatahuan.. Manusia adalah bagian dari alam. Anehnya manusia sering dipahami sebagai kategori terpisah dari fenomena alam lainnya.

Dalam buku Akidah Akhlak 2 tahun 1998 digunakan sebagai modul oleh mahasiswa universitas terbuka dikarang oleh Drs Moh.Mansur halaman 245 ada hal menarik tentang pembagian alam. Menjelaskan bahwa lebih akurat dan valid yang menerangkan tentang alam adalah Alquran. Sebagaimana dalam Alquran dalam surat alfatihah yang sering dibaca

Segala puji milik Allah SWT Tuhan Semesta Alam"

Menurut ilmu Sharaf kata al-‘alamiin mempunyai bentuk jamak muzakkar salim dari kata Al-‘alam. Menurut para ahli Tafsir ikut serta berpendapat dengan keahliannya sebagai ahli tafsir Alquran menjelasankan tentang pengertian Alam:

1. Ibnu Jarir dan Ibnu Abi Hatim dari Ibnu Abbas Ra berkata, alam itu seluruh makhluk seluruh langit dengan isinya dan bumi dengan isinya baik yang diketahui manusia maupun tidak diketahui itu semua termasuk alam.

2. Ibnu Jarir dan Ibnu Abi hatim dari Abul Aliyah berkata: Manusia adalah alam. Jin adalah alam. Selain itu ada 18.000 alam malaikat. Bumi mempunyai empat penjuru. Setiap penjuru mempunyai 3500 alam yang kesemuanya diciptakan untuk beribadah kepada Allah SWT.

Demikian pemaparan mengenai pembagian alam menurut Alquran, Hadits dan Ahli Tafsir serta teori yang ada mengenai alam, bahwa kesimpulannya alam itu adalah semua ciptaan Allah SWT.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image