Ahad 11 Sep 2022 14:29 WIB

Dukung Upaya Pemerintah, Binus Support Ikut Aplikasikan Transformasi Digital

Dorongan ini dipersiapkan dalam rangka mendukung nilai-nilai dalam Edukasi 5.0.

Binus University mendukung transformasi pendidikan menuju pendidikan yang berkualitas dengan memberikan penghargaan kepada para civitas, mahasiswa hingga alumni yang berprestasi atau Binusan.
Foto: binus university
Binus University mendukung transformasi pendidikan menuju pendidikan yang berkualitas dengan memberikan penghargaan kepada para civitas, mahasiswa hingga alumni yang berprestasi atau Binusan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah terus mendorong pelaksanaan transformasi digital pada bidang pendidikan di era digital. Dorongan ini dipersiapkan dalam rangka mendukung nilai-nilai dalam Edukasi 5.0, yang mana saat ini sumber ilmu dapat diperoleh dari mana saja tidak hanya dari dalam ruang sekolah.

Baik dari jenjang SD hingga universitas dapat memperoleh pendidikan dan mencari informasi dari luar ruang kelas, misalnya seperti di internet, lingkungan, dan perpustakaan.

Baca Juga

Mendasar dari hal tersebut, transformasi digital  pada bidang pendidikan di Indonesia penting untuk terus dikembangkan dan didukung. Melalui transformasi digital, masyarakat Indonesia nantinya dapat memperoleh pendidikan yang berkualitas dan dapat terjangkau oleh siapa saja.

Oleh karena itu, transformasi digital di bidang pendidikan bukan hanya soal infrastruktur digital yang lebih canggih, namun juga sebagai fasilitas dalam proses pembelajaran dan memberikan suasana belajar yang nyaman.

Dampak transformasi digital pada dunia pendidikan di Indonesia ini, semakin terasa di masa pandemi yang sempat menghambat pembelajaran tatap muka.

Manfaat lainnya yang dapat diperoleh melalui pengembangan transformasi digital pada bidang pendidikan adalah, dapat memperkuat kolaborasi di dalam proses pembelajaran.

Tersedianya berbagai platform dan sistem layanan informasi pendidikan dapat memudahkan baik terhadap para siswa maupun guru.

Pengembangan transformasi digital ini juga diimplementasikan oleh Binus University yang mana baru saja telah merilis Binus Support.

Adanya Binus Support ini nantinya akan menjadi pusat aktivitas layanan lengkap, serta solusi pertanyaan dari setiap stakeholder Binus University baik untuk mahasiswa, dosen, alumni, bahkan hingga orang tua mahasiswa.

“Binus Support fokus kepada layanan dan memberikan pengalaman baru bagi stakeholder. Menjadi pusat layanan informasi dan solusi,” kata Johan selaku Vice Rector Student Affairs & Community Development Binus University di Jakarta, Ahad (11/9/2022).

Selain itu, Johan juga mengungkapkan bahwa Binus Support ini akan dikembangkan secara berkelanjutan. "Binus Support merupakan salah satu bentuk transformasi digital berkelanjutan yang dilakukan oleh Binus University,” sambungnya.

Sebagai bagian dari Binus Digital Transformation, Binus Support adalah bentuk nyata dukungan pengalaman baru yang Binus University berikan. Pada tanggal 17 Agustus 2022, Binus Support diluncurkan sebagai bagian dari susunan acara di Appreciation Day 2022.

Diketahui acara ini merupakan acara penghargaan bagi Binusian yang berprestasi, yakni termasuk mahasiswa, dosen, dan fasilitator. Sementara itu, Johan juga mengatakan bahwa transformasi digital yang dilakukan oleh Binus University ini, dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh stakeholder.

“Binus University sedang melakukan transformasi digital dengan mengembangkan budaya baru, produk baru, dan layanan baru. Untuk dapat memberikan layanan terbaik kepada stakeholder,” kata Johan.

Nantinya, informasi terkait seluruh layanan yang ada di Binus University mulai dari proses pendaftaran, First Year Program, perkuliahan, enrichment program, penelitian, skripsi, hingga alumni dapat diperoleh di satu tempat.

Di samping itu, konten yang ditampilkan juga akan menyesuaikan dengan role pengguna saat mengakses konten tersebut.

Hal tersebut merupakan sebuah terobosan baru yang membedakan Binus Support dari helpdesk yang sudah ada sebelumnya, dimana akan disesuaikan kebutuhan stakeholders.

Nantinya pengelompokan bagian membuat proses pencarian informasi bisa berlangsung lebih cepat dan efisien.

Dalam pengembangannya, terdapat empat aktivitas utama di Binus Support, yakni microsite Binus Support, aktivitas layanan lengkap, sentra multi-channel komunikasi, dan budaya layanan baru. Untuk kedepannya, Binus Support akan terintegrasi dengan seluruh layanan yang ada, berbasis end-to-end services dan mendukung student centered support program.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement