Sabtu 10 Sep 2022 06:02 WIB

Dikunjungi Istri Sandiaga Uno, Poltek NHI Bandung Gelar Pelatihan Table Manner

Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para anggota DWP.

Nur Asia Sandiaga Uno, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para anggota DWP karena tidak jarang, para ibu-ibu, diundang ke berbagai acara jamuan makan.
Foto: Istimewa
Nur Asia Sandiaga Uno, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para anggota DWP karena tidak jarang, para ibu-ibu, diundang ke berbagai acara jamuan makan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - - Politeknik Pariwisata NHI Bandung, mendapatkan kunjungan dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Ketua DWP Poltekpar NHI Bandung, Christina Andar Danova mengatakan, Poltekpar NHI Bandung khususnya DWP Poltekpar NHI Bandung secara rutin berkoordinasi dan melaksanakan kerjasama serta menjalin silaturahmi dengan DWP Pusat.

"Pada kesempatan ini, kami melaksanakan pembahasan terkait pembinaan UMKM Ibu-Ibu DWP sekaligus juga menggelar pelatihan table manner bagi anggota DWP Kemenparekraf/Baparekraf dan DWP Poltekpar NHI yang diikuti oleh 39 orang," ujar Christina dalam siaran persnya, Jumat (9/9). 

Christina mengatakan, pihaknya pun sangat mengapresiasi kunjungan DWP Kemenparekraf ke Poltekpar NHI Bandung sebagai salah satu bentuk jalinan silaturahmi dan kerja sama antar Lembaga.

Satu suara dengan Ketua DWP Poltekpar NHI Bandung, Direktur Poltekpar NHI Bandung, Andar Danova L Goeltom, juga menyambut baik kunjungan Nur Asia Sandiaga Uno, Penasihat DWP Kemenparekraf dan Ibu Elsie Restog Kusuma, Ketua DWP Kemenparekraf/Baparekraf. 

Andar berharap, sesuai dengan misi kunjungan kali ini yaitu membahas pembinaan UMKM ibu-ibu DWP, agar DWP kemenparekraf dan DWP Poltekpar NHI Bandung dapat bekerja sama dalam menyejahterakan UMKM khususnya yang sedang dibangun oleh para anggota DWP. 

Pembahasan mengenai program kerja DWP Poltekpar NHI Bandung, menurut Christina Andar Danova, di antaranya di Bidang Pendidikan telah dilaksanakan sosialisasi dan literasi finansial kepada Ibu-ibu DWP Poltekpar NHI Bandung dengan tujuan memberikan edukasi cara berinvestasi yang aman. 

Di bidang ekonomi, kata dia, DWP Poltekpar NHI Bandung telah melaksanakan pendampingan UMKM bagi ibu-ibu DWP, dosen, pegawai serta mahasiswa yang ada di lingkungan Poltekpar NHI bandung serta kolaborasi pembinaan dan penjualan produk-produk hasil UMKM baik secara online ( PADI UMKM ) maupun offline melalui kegiatan bazaar. Sementara di Bidang Sosial Budaya, DWP Poltekpar NHI Bandung berkolaborasi melakukan kegiatan sosial sebagai bentuk pengabdian keopada masyarakat.

Di kesempatan yang sama, juga dilaksanakan Launching Agen Pegadaian dan Launching logo UMKM DWP Poltekpar NHI Bandun dan dilaksanakan pula Kegiatan investasi emas Logam Mulia DWP Poltekpar NHI Bandung yg telah dimulai pada tanggal 29 Juli 2022 yang diikuti oleh pengurus dan anggota DWP Poltekpar NHI Bandung serta kegiatan sosialisasi program Investasi Emas, Arum Haji dan Kur Syariah oleh PT Pegadaian kepada keluarga besar Poltekpar NHI Bandung.

Kunjungan Kerja ditutup dengan pelatihan table manner yang memberikan pengetahuan terkait etiket perjamuan makan dan bertindak sebagai instruktur table manner, Ni Gusti Made Kerti Utami, Dosen Politeknik Pariwisata NHI Bandung Program Studi Manajemen Tata Hindangan. 

Di dalam pelatihan,  Ketty sapaan ibu Ni Gusti Made Kerti Utami, mengajarkan etika dari mulai cara menerima undangan jamuan makan, cara duduk, cara mempergunakan serbet makan, etika berbicara ketika jamuan makan, cara minum, cara makan dari mulai hidangan pembuka hingga hidangan penutup serta hingga cara mempergunakan berbagai alat makan yang sudah tersedia. 

Menurut Nur Asia Sandiaga Uno, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para anggota DWP karena tidak jarang, para ibu-ibu, diundang ke berbagai acara jamuan makan. "Sehingga diharapkan melalui pelatihan ini, ibu-ibu memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi karena tahu bagaimana seharusnya bersikap dan menjaga etika pada saat dilaksanakan jamuan makan," katanya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement