Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Uni Eropa Resmi Tangguhkan Fasilitasi Visa Rusia Mulai 12 September

Jumat 09 Sep 2022 17:23 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha

 Penumpang mengantre di konter check-in di bandara di Frankfurt, Jerman, Senin, 25 Juli 2022. Uni Eropa (UE) memutuskan sepenuhnya menangguhkan perjanjian fasilitasi visa dengan Rusia pada Jumat (9/9/2022).

Penumpang mengantre di konter check-in di bandara di Frankfurt, Jerman, Senin, 25 Juli 2022. Uni Eropa (UE) memutuskan sepenuhnya menangguhkan perjanjian fasilitasi visa dengan Rusia pada Jumat (9/9/2022).

Foto: AP/Michael Probst
Penangguhan fasilitas visa untuk Rusia dimulai pekan depan.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Uni Eropa (UE) memutuskan sepenuhnya menangguhkan perjanjian fasilitasi visa dengan Rusia pada Jumat (9/9/2022). Negara-negara anggota UE secara resmi menyetujui penangguhan perjanjian fasilitasi visa blok itu dengan Rusia mulai pekan depan.

Dewan UE mengatakan dalam sebuah pernyataan, tindakan itu diberlakukan menyusul kesepakatan politik yang dicapai para menteri luar negeri UE pekan lalu. Keputusan itu akan berlaku mulai 12 September, menghilangkan perlakuan istimewa bagi pemohon visa Rusia.

Baca Juga

Dengan diterapkannya aturan baru, biaya aplikasi akan naik dari 35 euro menjadi 80 euro. Waktu pemrosesan visa bagi penduduk rusia pun dapat bertambah. Menurut Anandolu Agency, konsulat anggota UE juga dapat meminta lebih banyak dokumen dan membatasi beberapa aplikasi.

“Keputusan hari ini adalah konsekuensi langsung dari tindakan Rusia dan bukti lebih lanjut dari komitmen teguh kami terhadap Ukraina dan rakyatnya,” kata Menteri Dalam Negeri Ceko Vit Rakusan menyambut keputusan tersebut.

Rakusan menyatakan, perang agresi tidak beralasan dan tidak dapat dibenarkan. Dia menuduh, Moskow melakukan  serangan tanpa pandang bulu terhadap warga sipil.

"Rusia telah merusak kepercayaan ini dan menginjak-injak nilai-nilai fundamental komunitas internasional kami,” kata Rakusan. 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA