Wednesday, 10 Rajab 1444 / 01 February 2023

5 Kebiasaan Saat Jalan Kaki yang Bisa Memperlambat Penuaan

Kamis 08 Sep 2022 21:29 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah

Apabila ingin tetap bugar seiring bertambahnya usia maka biasakanlah berjalan kaki.

Apabila ingin tetap bugar seiring bertambahnya usia maka biasakanlah berjalan kaki.

Foto: Pexels
Apabila ingin tetap bugar seiring bertambahnya usia maka biasakanlah berjalan kaki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jangan meremehkan manfaat berjalan cepat. Berjalan cepat tidak hanya membantu dalam mengecilkan lemak tubuh dan meningkatkan kebugaran kardiovaskular, tetapi juga memberikan energi, menurunkan stres, dan membangun sistem kekebalan lebih kuat.

Dilansir dari EatThis pada Kamis (8/9/2022), jika Anda ingin tetap bugar dan sehat seiring bertambahnya usia, Anda sebaiknya rutin melakukan jalan cepat. Berikut lima kebiasaan jalan kaki yang memperlambat penuaan.

Baca Juga

1. Jangan pakai lift dan eskalator 

Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah langkah dan membakar kalori bisa dengan menaiki tangga sebagai pengganti lift dan eskalator di kantor. Cara lainnya, carilah tempat parkir yang agak jauh dari lokasi kantor.

 

 

2. Berjalan lebih dari satu waktu

Setidaknya, lakukan dua kali aktivitas jalan kaki ke dalam rutinitas harian. Lakukan minimal 30 menit untuk mengoptimalkan kesehatan dan memperlambat penuaan. 

Cara mudah lainnya adalah dengan menjadwalkan dua kali aktivitas jalan kaki, yakni sesudah makan siang dan setelah makan malam. Sebab, penelitian menunjukkan bahwa berjalan-jalan ringan setelah makan dapat menurunkan kadar insulin dan gula darah tubuh.

 

3. Coba bawa beban saat berjalan

Ingin membuat jalan-jalan sedikit lebih menantang? Jika demikian, bawalah beban bawaan di tangan yang ringan. Beban ekstra yang dibawa akan memungkinkan Anda bekerja sedikit lebih keras selama berjalan, dan membantu membakar lebih banyak kalori.

Namun, sebaiknya tidak memilih beban yang terlalu berat, karena dapat merusak pola jalan alami. Mulailah dengan 1 hingga 2 pon beban.

 

4. Ajak hewan peliharaan

Membawa hewan peliharaan bersama saat berjalan kaki bisa menikmati kesenangan aktivitas ini. Bahkan, hal ini dianggap lebih baik daripada harus berjalan kaki sendirian.

 

5. Tambah kecepatan

Kebiasaan berjalan terakhir yang memperlambat penuaan berkaitan dengan bertambahnya kecepatan berjalan. Hal ini akan meningkatkan detak jantung dan meningkatkan pembakaran kalori. Mulailah dengan interval 20 hingga 45 detik kekuatan berjalan di antara kecepatan berjalan biasa.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA