Senin 05 Sep 2022 23:37 WIB

Hipmi dan Farmaklik Dorong Literasi Digital bagi Pelaku Usaha UMKM

Hipmi dan Farmaklik berikan pendampingan UMKM dalam Marawa Digital Fest

Rep: Novita Intan / Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Digitalisasi UMKM (Ilustrasi). Farmaklik dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) memberikan pendampingan dan pelayanan UMKM dalam rangkaian acara Marawa Digital Fest.
Foto: Istimewa
Digitalisasi UMKM (Ilustrasi). Farmaklik dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) memberikan pendampingan dan pelayanan UMKM dalam rangkaian acara Marawa Digital Fest.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Farmaklik dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) memberikan pendampingan dan pelayanan UMKM dalam rangkaian acara Marawa Digital Fest. Puncak acara bertajuk Empowering Entrepreneurs to the Future World akan diselenggarakan hingga 8 September mendatang bertujuan untuk mengakselerasi ekosistem ekonomi digital di Sumatera Barat pasca Covid-19.

Presiden Direktur Farmaklik Ridho M. Sakti mengatakan Farmaklik, perusahaan bisnis farmasi berbasis digital di Indonesia menaruh perhatian lebih dengan memberikan mentoring dan pendampingan UMKM berbasis digital secara berkelanjutan. Mentoring dan pendampingan tersebut meliputi literasi digital bagi UMKM mulai dari manajemen sumber daya manusia, perluasan akses pembiayaan alternatif serta perizinan nomor induk berusaha (NIB), hingga best practice pemasaran produk ekspansi pasar digital dan menggaet potensi pelanggan baru.

“Melalui acara ini, kami bersama HIPMI berupaya menyelaraskan visi untuk mendorong pertumbuhan ekosistem digital bagi UMKM yang ada di Sumatera Barat,” ujarnya dalam keterangan tulis, Senin (5/9/2022).

Berdasarkan data Bank Indonesia, UMKM Sumatera Barat berperan besar guna mendorong pertumbuhan ekonomi di tanah Minang tersebut. Namun, dari 100 UMKM yang terdaftar dan didampingi dalam Marawa Digital Fest, hanya 10 UMKM unggulan Sumatera Barat akan melakukan presentasi final untuk memaparkan gagasannya di hadapan juri yang bertempat di Universitas Negeri Padang. 

Dengan menumbuhkan semangat kolaborasi, inovasi, dan penggunaan teknologi, ajang Marawa Digital Fest ini diharapkan dapat menjadi penggerak ide-ide bidang kesehatan, pendidikan, hingga energi terbarukan. sehingga UMKM dapat mengakses pasar baru yang lebih berdampak dan menjalankan usaha dengan lebih efisien.

“Kami berharap, acara Marawa Digital Fest dapat menjadi penghubung berbagai pemangku kepentingan ekonomi digital dan dapat diselenggarakan oleh HIPMI daerah-daerah lain di Indonesia,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement