Senin 05 Sep 2022 16:01 WIB

Hindari Penggunaan Air Shampo untuk Wiper

Shampo memicu muculnya efek pelangi atau bayangan di kaca mobil akibat cairan shampo

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Gita Amanda
Wiper adalah salah satu komponen utama dalam menunjang visibilitas pengemudi. (ilustrasi).
Foto: Autocar
Wiper adalah salah satu komponen utama dalam menunjang visibilitas pengemudi. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wiper adalah salah satu komponen utama dalam menunjang visibilitas pengemudi. Agar wiper bisa selalu melakukan pembersihan kaca dengan baik, pengendara harus selalu memastikan volume air wiper.

Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara, mengatakan air wiper juga bisa menggunakan cairan khusus sehingga pembersihan kaca bisa dilakukan dengan lebih optimal. “Air wiper memiliki fungsi penting untuk menjaga kebersihan kaca depan mobil supaya daya pandang pengemudi tidak terganggu. Pilihlah air wiper yang memiliki berbagai formula spesifik untuk menjaga kondisi kaca mobil," kata Nur Imansyah Tara dalam keterangan pers kepada Republika, pada Senin (5/9/2022).

Baca Juga

Oleh karena itu, ia tak menyarankan untuk menggunakan shampo sebagai tambahan pada air wiper. Karena, dikhawatirkan shampo memiliki bahan deterjen atau pembersih yang tidak sesuai untuk dipakai pada kaca mobil.

"Selain itu, pengendara juga tidak dapat mengetahui kandungan zat lain di dalam shampo yang dapat bermasalah kalau terkena kaca mobil atau karet wiper," ucapnya.

Efek negatif yang terjadi dari penggunaan shampo di antaranya adalah baret di kaca mobil lantaran terkikisnya lapisan kaca mobil oleh bahan shampo yang disapu oleh wiper. Selain itu, shampo juga memicu munculnya efek pelangi atau bayangan di kaca mobil akibat tertinggalnya cairan shampo sehingga akan mengganggu visibilitas pengemudi.

Oleh karena itu, ia menyarankan agar pengendara bisa menggunakan TMO Wiper Fluid. Cairan ini pun bisa digunakan dengan praktis karena tak perlu dicampur dengan air.

"TMO Wiper Fluid mengandung formula Dirt Breaker yang dikembangkan dengan beberapa keuntungan yaitu maximum driving visibility untuk kejernihan kaca depan mobil yang maksimal, incredible cleansing power dengan kemampuan formula pembersih ekstrem sekali sapuan dan anti scratch atau anti-gores untuk tetap menjaga kaca mobil tetap bening," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement