Sabtu 03 Sep 2022 22:15 WIB

Prof Mujiburrahman Lantik Wakil Rektor dan Dekan di Lingkungan UIN Ar-Raniry

Pejabat sebelumnya mendapatkan Penghargaan Pengkhidmatan Utama.

Rektor Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh melantik para wakil rektor, dekan-dekan dan ketua lembaga di Lingkungan UIN Ar-Raniry, Jumat (2/9/2022).
Foto: Dok UIN Ar-Raniry
Rektor Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh melantik para wakil rektor, dekan-dekan dan ketua lembaga di Lingkungan UIN Ar-Raniry, Jumat (2/9/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Rektor Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh melantik para wakil rektor, dekan-dekan dan ketua Lembaga di Lingkungan UIN Ar-Raniry.  Prosesi pengambilan sumpah, pelantikan dan serah terima jabatan perangkat rektor tersebut berlangsung di Auditorium Prof Ali Hasjmy, Kopelma Darussalam Banda Aceh, Jumat (2/9/2022).

Para pejabat yang dilantik antara lain Dr Muhammad Yasir Yusuf  SAg MA  sebagai wakil rektor bidang Akademik dan Kelembagaan;  Dr Khairuddin MAg sebagai wakil rektor bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan;  dan Prof Dr Saifullah  Sag  MAg sebagai wakil rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama.

Selanjutnya, Dr Kamaruzzaman MSh sebagai dekan Fakultas Syariah dan Hukum;  Safrul Muluk SAg MA  MEd PhD sebagai dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan;  Syarifuddin  MAg  PhD sebagai dekan Fakultas Adab dan Humaniora; Dr Kusmawati Hatta, sebagai dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi;  Dr Salman Abdul Muthalib Lc  MAg sebagai dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat; Dr Hafas Furqani  MEc sebagai dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam;  Dr Ir Dirhamsyah  MT  IPU sebagai dekan Fakultas Sains dan Teknologi;  Dr Muji Mulia  SAg  MAg sebagai dekan Fakultas  Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan ;  Dr Muslim MSi sebagai dekan Fakultas Psikologi;  dan Prof Eka Srimulyani SAg  MA PhD sebagai direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Pada kesempatan itu, Rektor Mujiburrahman juga melantik sejumlah pejabat lain, di antaranya Prof Dr T Zulfikar SAg  Med sebagai wakil Direktur Pascasarjana;  Dr Abdul Jalil Salam  MAg sebagai ketua Lembaga Penjaminan Mutu;  Dr Buhori Muslim  MAg sebagai sekretaris LPM; Drs Khatib  MLIS sebagai Kapus Pengembangan Standar Mutu; Dr phil Saiful Akmal MA sebagai kepala Audit Pengendalian Mutu; dan  Dr Husna Amin  MHum sebagai Kapus Pendampingan dan Pengembangan Mutu Mahasiswa.

Selain itu, Dr Jasafat MA sebagai ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat; Amrullah, LLM sebagai sekretaris LPM;  Dr Anton Widyanto, sebagai Kapus Penelitian dan Penerbitan; Dr Sri Suyanta MAg sebagai kepala P2M;  Dr Nashriyah MA sebagai kepala PSGA; Dr Azharsyah  MSOM sebagai kepala Satuan Pengawas Internal; Ihdi Karim Makinara sebagai sekretaris SPI; Ghufran Ibnu Yasa MT sebagai kepala PTIPD;  Umar Bin Abd Aziz  MA sebagai kepala UPT Pusat pengembangan Bisnis;  Dr Ismail MA sebagai Wakil Koordinator Kopertais Wilayah V dan Dr Khairizzaman  MAg sebagai sekretaris Kopertais V Aceh.

Dalam amanatnya, Rektor UIN Ar-Raniry Prof Dr Mujiburrahman  MAg menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pejabat yang telah mengabdi pada periode sebelumnya. Kepada mereka  diberikan Penghargaan Pengkhidmatan Utama atas dedikasi dan pengabdian pada lembaga UIN Ar-Raniry periode 2018-2022.

“Kami memberikan penghargaan dan Pengkhidmatan Utama, kenapa itu disebut Pengkhidmatan Utama, sebab para pejabat sebelumnya merupakan salah satu periode yang telah bekerja dengan penuh tanggung jawab dan penuh dedikasi serta telah melaksakan tugas pada posisinya masing-masing sebagai pimpinan utama di lembaga ini,” ucapnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (2/9/2022).

Mujiburrahman menambahkan, “Atas dedikasi dan pengabdian tersebut kami hanya dapat mengucapkan terima kasih dan memberikan Penghargaan Pengkhidmatan Utama. Semoga pengabdian yang telah diberikan kepada lembaga ini dapat menjadi amal saleh dan menjadi bekal untuk kemajuan UIN Ar-Raniry di masa mendatang.”

Kepada pejabat yang baru dilantik, Rektor Mujib berpesan bahwa jabatan yang diberikan tersebut merupakan amanah, rahmat kepemimpinan di lembaga masing-masing telah berada di tangan. Ia berharap, pergunakanlah tongkat ini dengan semaksimal mungkin untuk kemajuan lembaga UIN Ar-Raniry di masa depan.

“Yang harus Bapak Ibu pahami adalah, posisi lembaga UIN Ar-Raniry saat ini berada pada posisi yang sedang tidak baik-baik sekali.  Untuk itu diharapkan kepada pejabat baru dengan semangat baru. Kita harus bekerja dengan luar biasa, bekerja keras dan bekerja cerdas agar kondisi saat ini dapat segera kita lewati dan perbaiki. Sehingga,  lembaga ini dapat lebih baik dan lebih maju di masa mendatang,” tegas Mujiburrahman.

Lebih lanjut, Prof Mujiburrahman mengungkapkan ada suatu tugas besar di Kampus Jantong Hate Rakyat Aceh ini, “Bahwa kita bercita-cita, berikhtiar bersama pada tahun 2023 Akreditasi Perguruan Tinggi UIN Ar-Raniry mesti kita raih dengan predikat Akreditasi Unggul.  Cita-cita ini tidak akan dapat kita capai jika para pejabat yang dilantik ini bekerja biasa-biasa saja. Sebab, dari data yang kami peroleh dapat disimpulkan bahwa ke depan dibutuhkan kerja keras Bapak Ibu pejabat yang baru ini untu meraih akreditasi unggul tersebut.” 

“Hari ini, 2 September yang merupakan Hari Pendidikan Daerah Aceh yang kita peringati setiap tahunnya, dengan momentum Hardikda ke-63 ini, mari kita jadikan semangat untuk meningkatkan mutu lembaga pendidikan yang berada di Koplema Darussalam ini menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul di masa mendatang.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement