Jumat 02 Sep 2022 23:59 WIB

Erick Thohir: Kemitraan Strategis Telin dan Expereo Perkuat Pasar Global

Erick berharap kerja sama Telin dan Expereo fosku pada bisnis telko internasional

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (ilustrasi)
Foto: Telkom
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan penandatangan nota kesepahaman atau MoU antara anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero), PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) dengan Expereo International B.V. (Expereo) merupakan hal positif dalam ekspansi digital Indonesia ke luar negeri.

Erick berharap kerja sama Telin yang fokus pada bisnis telekomunikasi internasional dengan menggandeng Expereo sebagai provider global dalam mengelola layanan Internet dan jaringan hybrid, SD-WAN, serta solusi konektivitas Cloud, menjadi sebuah kolaborasi yang saling menguntungkan.

"Kami terus mendorong agar BUMN Go Global, tentunya dengan kunci kolaborasi. Semoga kerja sama ini bisa mengantarkan Telkom untuk terus memperluas jejak digitalnya ke seluruh dunia," ujar Erick saat menyaksikan penandatanganan MoU di World Trade Center, Amsterdam, Belanda, Jumat (2/9).

Erick menilai kemitraan strategis antara Telin dan Expereo dapat menciptakan nilai tambah, harga kompetitif, dan model komersial. Dengan demikian, lanjut Erick, hal ini akan berujung pada strategi go-to market untuk memungkinkan Expereo menawarkan layanan Telin kepada pelanggan potensial secara global.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan Eropa merupakan salah satu fokus perusahaan untuk mengembangkan bisnis ke depan. Ririek menyebut bisnis Telin di Belanda berkembang sangat baik dengan pertumbuhan lebih dari 32 persen.

Selain layanan kepada wholesaler dan global carrier operators, dia katakan, Telin juga memberikan layanan dan solusi kepada segmen Enterprise seperti perusahaan Indonesia yang memiliki cabang di luar negri serta kantor pemerintahan Indonesia seperti Kedutaan Besar. 

Menurut Ririek, penandatangan nota kesepahaman antara Telin dan Expereo merupakan momentum yang baik dalam meningkatkan kapabilitas kedua belah pihak sehingga dapat memberikan layanan terbaik kepada customer serta munculnya peluang lain ke depan.

 "Kolaborasi Telin dengan Expereo diharapkan saling memperkuat kapabilitas serta mempercepat transformasi digital Indonesia. Lebih jauh lagi, kerja sama ini sangat relevan untuk memungkinkan perkembangan instansi pemerintah dan perusahaan multinasional Indonesia di Eropa dan Afrika," ucap Ririek.

CEO Telin Budi menambahkan konektivitas yang nyaris sempurna dan tanpa gangguan sangat penting untuk keberlanjutan bisnis di era digital saat ini. Dengan kolaborasi Telin dan Expereo, Budi berharap Telin dapat memberikan solusi SD-WAN terbaik dikelasnya dengan penyediaan konektivitas jaringan dan menyediakan platform manajemen satu atap, untuk mendukung mitra kami menjadi lebih efisien dan produktif.

Sementara itu, CEO Expereo Irwin Fouwels mengatakan kerja sama dengan Telin menjadi hal yang penting bagi perusahaan dalam percepatan pertumbuhan Expereo ke pasar. Irwin menilai Telin memiliki komitmen dalam mengembangkan kemampuan teknis yang mendalam dan pendekatan yang mengutamakan pelanggan untuk mencapai tujuan mereka di era globalisasi yang cepat ini.

 "Dengan jangkauan global Telin dan Expereo, kedua perusahaan berkomitmen untuk bekerja sama dalam memajukan transformasi digital Indonesia dan melengkapi layanan Telin untuk negara-negara di luar Indonesia," kata Budi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement